Sepakbola Indonesia di Asian Games
Sports

Kisah Manis Sepakbola Indonesia di Asian Games 1958

Apa pencapaian terbaik kontingen Indonesia dalam cabang olahraga Sepakbola Indonesia di Asian Games? Jawabannya ialah medali perunggu.

Kegemilangan dan kehebatan para pemain timnas Indonesia di era 1950-an masih berlanjut di ajang Asian Games 1958. Masih diperkuat Ramang sebagai otak serangan dan Maulwi Saelan di posisi penjaga gawang, timnas Indonesia mampu unjuk kemampuan menjadi empat tim terhebat di Asian Games 1958.

Setelah tampil sempurna dengan meraih dua kemenangan di fase grup, Maulwi Saelan dkk tidak menurunkan semangat di babak perempat final. Filipina yang menjadi lawan dihantam dengan skor 5-2. Sayang, di semifinal Indonesia harus mengakui keunggulan Taiwan dengan skor tipis, 0-1.

Tak mau mengulang kegagalan di Asian Games 1954, timnas Indonesia tampil habis-habisan di perebutan medali perunggu. India yang merupakan lawan di fase grup kembali ditaklukkan. Kali ini dengan skor 4-1 untuk kemenangan timnas Indonesia. Inilah prestasi terbaik sekaligus menorehkan sejarah sepak bola indonesia yang mampu diraih tim Merah Putih di Asian Games.

Dalam Asian Games III/1958 ini pula muncul nama Wowo Sunaryo. Bintang Lapangan asal Perses Sumedang itu mencatatkan dirinya sebagai topscorer Asian Games III/1958 yang disertai dengan catatan golnya dalam Tour Asia Timur. Tak heran, nama Ramang (PSM Makassar) justru tergusur oleh Wowo pada Asian Games III/1958 ini.

About the author

Related Posts