Health

Kiat-Kiat Menjaga Dapur Tetap Rapi dan Bersih

Dapur dengan tatanan dan penempatan peralatan dan bahan-bahan dapur yang tepat selain membuatnya enak dipandang ternyata juga dapat meningkatkan efisiensi dalam memasak. Jika Anda harus menghabiskan banyak waktu dalam mencari-cari perkakas atau bahan-bahan dapur, berarti dapur Anda belum cukup rapi dan tertata. Oleh karena itu, kami rangkum bagi anda kiat-kiat menjaga dapur tetap rapi dan bersih, sehingga membuat suasana hati Anda selalu baik ketika memasak:

Menjaga kebersihan dapur secara berkala

Kebersihan dapur sudah mutlak menjadi prioritas utama karena dapur merupakan tempat penyimpanan makanan yang dimana kesegaran dan ketahanan makanan juga bergantung kepada situasi penempatannya. Bersihkan meja dapur, lemari es, kompor, lantai, dan permukaan-permukaan lainnya setiap Anda selesai memasak.

Pastikan dapur anda tetap dalam keadaan kering

Dapur yang kering akan mengurangi efek lembab yang sering terjadi pada dapur-dapur di rumah. Kebanyakan area sekitar wastafel cuci piring yang rawan menjadi becek. Bila mungkin, letakkan rak khusus di atas atau dekat wastafel untuk meniriskan perkakas seperti misalnya sendok, piring, atau gelas yang baru saja dicuci, sehingga tetesan airnya tidak meluber ke mana-mana. Segera lap air yang meluap supaya tidak meninggalkan noda air kering atau kerak kapur.

(Lihat juga: Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan dengan Sendok)

Menjaga agar dapur bebas dari bau tidak sedap

Uap masakan yang terlalu pekat bisa meninggalkan bau di dapur dan ruang-ruang lain. Sediakanlah produk penyerap bau dan usahakan sirkulasi udara di dapur lancar agar uap terbawa angin ke luar rumah.

Tatalah dapur dengan ringkas

Simpan alat-alat dapur di dalam rak agar tidak berserakan. Anda bisa mempertimbangkan mengganti rak piring terbuka dengan lemari, kabinet, dan laci dapur untuk menyimpan peralatan masak dan bahan-bahan dapur. Jika ruang penyimpanan terbatas, Anda bisa menyiasatinya dengan menggantung peralatan masak di dinding tanpa mengabaikan estetika.

About the author

Related Posts