Tourism

Keren! 5 Situs Wisata UNESCO Ini Siap Manjakan Mata Para Traveler

Banyak situs bersejarah di dunia ini memiliki nilai penting untuk diteruskan oleh generasi seterusnya. Bahkan benda ini terlihat cantik dan menakjubkan karena dipadukan dengan pemandangan indah. Tak heran jika banyak warisan dunia sudah diakui oleh UNESCO dan dilindungi oleh pemerintah.

UNESCO sebagai badan internasional yang melindungi dan menjaga situs-situs bersejarah di seluruh dunia baru-baru ini menerbitkan beberapa koleksinya yang dianggap paling indah dan menakjubkan. Organisasi ini telah mendaftar ratusan situs bersejarah yang menjadi warisan dunia di seluruh negara.

Dan di antara sekian banyak Situs UNESCO yang ada, berikut ini merupakan daftar situs warisan dunia yang dianggap paling menakjubkan menurut UNESCO seperti dilansir dari CNN:

  1. Pompeii, Italia

Sejarah yang kaya, masakan lezat dan seluruh kota yang dikubur selama lebih dari 1500 tahun, itulah sebabnya Pompeii harus masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO yang menarik untuk dikunjungi. Hilang selama lebih dari 1500 tahun dan ditemukan kembali pada tahun 1749, Pompeii terkubur di bawah abu dan bebatuan. Kota ini menyimpan sejarah tentang kehidupan di masa kejayaan Kekaisaran Romawi yang tak tertandingi.

Pompeii adalah sebuah kota yang terkubur setelah terjadi letusan dahsyat gunung berapi Vesuvius. Sisa-sisa letusan itu masih bisa ditemukan di seluruh situs sampai sekarang. Mulai dari kerangka manusia, hewan hingga struktur arsitektur yang masih tersisa. Sejumlah besar artefak dari Pompeii kini dapat ditemukan di Naples National Archaeological Museum. Hasil riset pun mengungkap bahwa ternyata saat Gunung Vesuvius meletus, penduduk Pompeii tidak tahu jika itu adalah gunung berapi. Sebab, gunung api tersebut tidak pernah meletus selama 1800 tahun.

  1. Kota Kuno Ping Yao, China

Kota kuno ini adalah impian bagi para pelancong yang ingin menyelami budaya, seni dan sejarah China. Di akhir Dinasti Ming dan Qing, Ping Yao adalah pusat perdagangan dan ekonomi terpenting di China. Ini adalah rumah bagi bank komersial pertama di China dan bahkan merupakan lokasi cek bank pertama yang diterbitkan (di China).

Menampilkan beberapa arsitektur Han yang paling terpelihara dengan baik seantero China, kota ini memiliki tembok kota terbaik dengan panjang sekitar 6000 meter. Banyak bangunan di jalan-jalan utama Ping Yao menampilkan karya arsitektur detail yang tak bisa ditemukan di kota-kota kuno lainnya. Dan menariknya, sampai saat ini sepeda masih merupakan alat transportasi utama di Ping Yao karena kendaraan dibatasi di kota kuno.

  1. Giant’s Causeway, Irlandia Utara

Hasil letusan gunung berapi berupa 40 ribu kolom nasal yang saling terkait dapat ditemukan di Bushmills, Irlandia Utara. Awalnya, ini adalah bagian dari dataran tinggi vulkanik yang besar, kolomnya berbentuk segi enam dan tingginya sekitar 12 meter.

Ada banyak legenda seputar Giant’s Causeway, termasuk salah satu pejuang Irlandia yang menipu seorang nemesis untuk mempercayainya bahwa dia adalah seorang raksasa dengan berpakaian seperti bayi. Nemesis tersebut kemudian dipercaya telah memutus dan ” merobek-robek” jalan setapak untuk memastikan bahwa prajurit tersebut tidak akan mengikutinya saat dia kembali ke rumah.

(baca juga: 7 Tempat Wisata Ramah Muslim di Bangkok, Yuk Kesana!)

  1. Taj Mahal, India

Dibangun oleh seorang raja untuk mengenang istirnya, Taj Mahal adalah simbol cinta abadi yang harus kamu kunjungi. Ketika istri ketiganya, Mumtaz Mahal, meninggal saat melahirkan anak, Raja Mughal, Shah Jahan sangat hancur dan berduka. Demi mengenang sang istri, dia memutuskan untuk membangun sebuah mausoleum yang sekarang menyimpan sarkofagus Mumtaz dan Shah Jahan. Lebih dari 20.000 pekerja dan 1.000 gajah terlibat dan proses konstruksi, dan bahan-bahan diangkut dari seluruh dunia untuk membantu penyelesaiannya.

Teridri dari makam, taman dan bangunan, setiap bagian Taj Mahal merepresentasikan kontruksi dari berbagai waktu karena proses pembangunannya memakan waktu sekitar 22 tahun. Salah stau fitur terbaik dari Taj Mahal adalah hiasan eksterior makam yang ditutupi dengan ayat-ayat Alquran yang telah diukir di dinding luarnya.

  1. Central Amazon Conservation Complex, Amerika Selatan

Tak bisa dipungkiri, kawasan ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang menakjubkan. Hutan, danau, sungai dan pulau yang mengesankan, semuanya berpadu dalam Kompleks Konservasi Amazon Tengah ini. Memiliki keanekaragaman hayati yang tak ada bandingannya, Hutan Hujan Amazon adalah rumah bagi koleksi tanaman hidup dan spesies hewan terbesar di dunia.

Satu kilometer persegi hutan hujan ini dikatakan mengandung lebih dari seribu jenis pohon. Dan secara umum, Amazon memiliki lebih dari puluhan ribu spesies tanaman. Ada sekitar 800 spesies mamalia yang berbeda di Hutan Hujan Amazon dan beberapa diantaranya termasuk satwa langka seperti jaguar, ocelot dan monk saki. Amazon Basin adalah sungai terpanjang kedua di dunia dan menyumbang sekitar 20 persen air yang dibawa ke lautan.

About the author

Related Posts