Tourism

Kampung Biru Arema, Destinasi Wisata Baru Penggemar Bola

Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni sukses menjadi ikon baru di Kota Malang. Berikutnya, tema warna kembali diusung untuk mengubah penampilan salah satu kampung. Kini, Kampung Embong Brantas tengah bersolek menjadi Kampung Biru Arema.

Sesuai temanya, cat biru mendominasi dinding dan atap rumah warga di sisi barat Jembatan Brantas tersebut. Di sisi timur jembatan, Kampung Warna-warni dan Kampung Tridi sudah lebih dulu muncul sejak dua tahun lalu.

Baca Juga : Sepanjang Februari 2018, Jogjakarta Gelar Paket Wisata Murah

Dri namanya, Kampung Biru pasti identik dengan warna yang sama. Semua hunian padat penduduk disana memang semua berwarna biru. Mulai dari atap, dinding rumah, hingga menyasar semua sudut kampung yang berada di sisi barat Jembatan Brantas, Jalan Gatot Subroto, Kota Malang.

Kampung Biru juga ingin mengangkat Kota Malang yang memiliki kebanggaan pada klub sepakbolanya, yakni Arema. Ketua RW 05 Kampung Embong Brantas, Irmawan, mengatakan, ada enam Rukun Tetangga di wilayahnya. Semua warga mendukung perkampungannya menjadi kampung wisata.

“Kampung Biru Arema, begitu namanya. Konsep sudah disiapkan oleh Pemkot Malang dan perusahaan cat yang mendukung pengerjaannya. Manajemen Arema juga turut menyetujui, karena tema yang diangkat adalah Arema,” ujar Irmawan.

Baca Juga : 7 Kedai Kopi Paling Hits di Instagram Saat Ini

Kampung Biru diharapkan warga bisa mendongkrak tambahan ekonomi dengan membuka lapak dagangan. Seperti warga kampung tetangganya berada di sisi timur Jembatan Brantas, yakni Kampung Tridi dan Warna Warni.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang, Erik Setyo Santoso, menuturkan, untuk mewujudkan Kampung Biru hingga kini prosesnya masih terus berjalan.

Sebagai instrumen pelengkap akan dihadirkan ikon sejarah Arema. “Akan ditambahi sculpture atau mural tentang bola dan legenda-legenda sepakbola di Malang,” kata Erik.

About the author

Related Posts