Entertainment

Jurus Sukses Ala CEO Gojek, Nadiem Makarim

Masih banyak orang yang ingin memiliki suatu usaha atau bisnis tetapi ragu memulainya. Atau mungkin tidak tahu langkah pertama apa yang tepat dilakukan.Founder dan CEO dari GO-JEK Nadiem Makarim, adalah salah satu pengusaha muda yang memberikan terobosan dengan menggunakan konsep moda transportasi tradisional yang digabungkan dengan teknologi.

Dalam konferensi pers terkait acara GO-FOOD Festival di Jakarta, beberapa waktu lalu, Nadiem membagikan kisah mengenai awal ia membangun bisnis tersebut.

Ada beberapa tips yang dapat diambil dari kisah Nadiem terkait langkah awal yang mungkin tepat dan dapat membantu untuk memulai sebuah bisnis.

1. Lihat Peluang
Hal mendasar yang perlu dilakukan dalam langkah awal memulai bisnis adalah mampu melihat peluang yang ada. Peka terhadap lingkungan sekitar sehingga Anda bisa membaca apa yang menjadi masalah di lingkungan tersebut. Karena menurut Nadiem, bisnis tidak bisa dibangun apabila tidak ada masalah yang harus diatasi.

2. Lakukan survey
Nadiem selalu menjadikan data sebagai landasan langkah-langkahnya dalam berbisnis. Lakukan riset dan survey terkait perencanaan bisnis Anda, seperti seberapa besar peluang bisnis Anda di dalam suatu wilayah atau suatu komunitas masyarakat, seberapa besar bisnis Anda akan disukai, dan sebagainya.

Baca Juga : 4 Tips Jitu Hindari Penipuan di Facebook

3. Jangan takut berinovasi
Menjamurnya bisnis mikro maupun makro saat ini menjadi salah satu daya saing bagi setiap pengusaha. Untuk itu dibutuhkan suatu inovasi pada produk atau jasa yang ditawarkan sehingga menjadi daya tarik bagi masyarakat.

Inovasi penggabungan konsep teknologi dengan moda trasnportasi yang dilakukan Nadiem langsung mendapat perhatian dari publik melihat teknologi saat ini telah menjadi salah satu gaya hidup masayarakat.

4. Pemasaran yang Tepat
Menurut Nadiem, dalam membangun bisnis otomatis membuat Anda harus berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini terkait dengan pengenalan bisnis Anda ke masyarakat luas. Salah satunya melalui pemasaran.

Kunci dari pemasaran atau branding adalah komunikasi yang tepat. Tidak hanya memikirkan produk dari bisnisnya, Nadiem selalu berkomunikasi, baik dengan driver GO-JEK ataupun pelanggan, sehingga feedback yang didapatkan ini bisa menjadi bahan untuk menargetkan pemasaran produk secara tepat sesuai kebutuhan masyarakat.

About the author

Related Posts