Melepas Sepatu
Tourism

Awas, Jangan Pernah Melepas Sepatu di Dalam Pesawat!

Selain larangan menghidupkan hadphone atau alat elektronik lainnya, ternyata melepas sepatu juga merupakan larangan yang harus dipatuhi para penumpang maskapai penerbangan lho!

Meski dianggap sebagai hal yang sepele, tapi ternyata saat Anda melepas sepatu ketika berada dalam pesawat, ada bahaya yang mengintai Anda. Menurut seorang mantan pramugari, bertelanjang kaki di pesawat bukan hanya kotor tapi juga berbahaya.

Seperti dikutip The Sun, seorang mantan pekerja kru kabin, Tony Kuna mengungkapkan bahwa selain menimbulkan bau busuk, bertelanjang kaki juga membuat kaki Anda tidak dilindungi dengan benar saat pesawat dalam keadaan darurat.

“Selain menstimulasi seluruh kabin, alas kaki sangat penting selama pesawat dalam keadaan darurat, meskipun hal ini bukan bagian dari informasi keselamatan penerbangan,” tulisnya di Quora.

Dalam keadaan darurat, semua jenis puing akan menghalangi jalan menuju pintu keluar, begitu juga saat berada di luar pesawat. Jadi jika Anda tak memakai sepatu atau alas kaki, maka Anda akan sulit untuk menyelamatkan diri. Bayangkan saja, kaki telanjang harus berlari menyusuri lorong yang dipenuhi pecahan kaca dan pecahan logam. Selain itu telanjang kaki di dalam pesawat juga dapat menyebarkan kuman, apalagi bila bertelanjang kaki keluar dari toilet.

Namun jika terpaksa harus melepaskan sepatu, Kuna menyarankan agar penumpang membawa sandal hotel ke pesawat. Sandal hotel akan membuat jari kaki bernafas tapi juga tetap menawarkan perlindungan.

(baca juga: Yakin Cara Anda Keramas Sudah Benar? Ini Langkah-langkahnya)

About the author

Related Posts