Health

Inilah Perubahan Pada Tubuh Seminggu Pertama Setelah Berhenti Merokok

Berhenti Merokok – Anda tentunya sudah tahu benar bagaimana bahaya dari merokok dan jika anda adalah seorang perokok maka lebih baik anda segera berhenti dari kebiasaan merokok anda ini.

Sebab dalam satu jam saja anda sudah bisa melihat bagaimana hebat tubuh anda memperbaiki tubuh anda yang sudah tercemar dengan rokok.

Masih tidak percaya, maka mari kita simak penjelasan ini :

20 menit

Tubuh manusia sangatlah menakjubkan. Hanya di 20 menit pertama setelah kamu berhenti merokok, maka tubuh bisa pulih dengan sendirinya.

Nikotin, yang jadi bahan kimia adiktif di dalam rokok akan bertindak sebagai stimulan dan ‘menendang’ zat kimia rokok dalam tubuh. Tidak lama setelah kepulan asap terakhir, detak jantung dan tekanan darah kembali normal.

8 Jam

stop_rokok_03Di 8 jam berikutnya, efek buruk dari nikotin akan meninggalkan aliran darah. Pada saat bersamaan, keinginan untuk merokok akan mulai muncul.

1 Hari

stop_rokok_04Craving atau keinginan besar untuk merokok berada pada puncaknya. Tingkat stres pun bertambah karena kamu menahan keinginan yang begitu kuat untuk merokok.

Jika kamu bisa melewati fase ini, maka langkahmu untuk berhenti merokok akan lebih ringan. (Baca juga: Ingin Berhenti Merokok? Yuk Coba 8 Langkah Ini)

2-3 Hari

stop_rokok_05Bagi para perokok aktif, jejak nikotin yang meninggalkan tubuh bisa jadi terasa aneh. Dan biasanya para perokok akan menggunakan terapi pengganti nikotin (NRT) seperti permen karet untuk mengasingkan diri mereka dari rokok secara lembut.

Di fase ini, reseptor rasa dan bau mulai pulih dan hal ini berarti makanan yang kamu konsumsi akan terasa lebih enak.

1 Minggu

stop_rokok_06Setelah 1 minggu berhenti merokok, adalah hal yang normal jika kemudian keinginan untuk muncul kembali. Namun demi alasan kesehatan, kamu harus berani untuk melawannya.

Selain itu secara mengejutkan banyak orang yang berhenti merokok mengalami batuk yang mengganggu. Hal ini adalah sesuatu yang normal karena itu merupakan cara paru-paru untuk membersihkan diri.

Bagaimana keadaan tubuhmu setelah berhenti merokok berbulan-bulan?

(Baca juga: Benarkah Rokok Elektrik Lebih Aman)

About the author

Related Posts