Lingkaran Hitam
Health

Inilah Penyebab Lingkaran Hitam Dibawah Mata

Mungkin beberapa Anda rasanya memiliki lingkaran hitam di bawah mata anda dan itu memang pasti dirasakan merusak penampilan anda sehingga anda kadang merasa geram dengan hal tersebut.

Tapi tahu kah anda apa penyebab lingkaran hitam di bawah mata?

Mungkin anda berpikir lingkaran hitam dibawah mata itu disebabkan oleh karena anda sering kurang tidur karena anda selalu tidur larut malam. Tapi ternyata bukan karena itu saja yang bisa membuat lingkaran hitam dibawah mata anda.

Melansir dailyrecord, bahwa lingkaran mata anda bisa sebabkan beberapa hal dibawah ini :

Alergi

Menurut penelitian dari The Mayo clinic, lingkaran hitam di bawah mata bisa disebabkan karena alergi.

“Reaksi alergi akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan senyawa yang disebut dengan antihistamin yang membuat pembuluh darah membesar. Dan karena kulit di bawah mata sangatlah tipis daripada kulit bagian lainnya, maka pelebaran pembuluh darah ini tak dapat disembunyikan,” terang penelitian tersebut.

Hidung tersumbat

Salah satu penyebab lain dari menghitamnya area kantung mata adalah karena hidung tersumbat.

“Ketika hidung tersumbat, maka vena yang membawa aliran darah dari mata ke dalam hidung akan melebar dan jadi gelap. Untuk menghilangkan gangguan ini, maka bilaslah hidung dengan air hangat yang dicampur garam untuk meringankan gejala hidung tersumbat.”

Jadi, lingkaran di bawah matamu menghitam namun kamu merasa tidak sedang kelelahan? Bisa jadi salah satu faktor di atas jadi penyebabnya. (Baca juga: Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan dengan Sendok)

About the author

Related Posts