Food

Inilah Cara Agar Buah Dan Sayur Awet Disimpan Di Kulkas

Setiap orang pasti tahu bahwa jika ingin menyimpan buah dan sayuran lebih awet dan tahan lama maka anda dapat menyimpan di dalam kulkas karena mereka bisa bertahan lebih lama dan tidak cepat busuk.

Tapi tahukan anda bahwa tidak semua sayuran dan buah cocok jika disimpan di dalam kulkas, maka simak tips dibawah ini bagaimana cara menyimpan buah dan sayuran yang benar :

Cuci Sebelum Disimpan dalam Kulkas

simpan_buah_dikulkas_02

Kebersihan tetap perlu dijaga dalam menyimpan buah dan sayur. Cuci dahulu buah dan sayur yang mau disimpan di dalam kulkas. Setelah ditiriskan baru simpan di dalam lemari pendingin.

Pisahkan Buah dan Sayur

simpan_buah_dikulkas_03

Jangan menyimpan buah dan sayur dalam wadah yang sama di kulkas. Pisahkan buah dan sayur di tempat yang berbeda. Kenapa? Karena jenis buah-buahan tertentu mengandung ethylene, senyawa yang bisa berfungsi untuk mematangkan buah. (Baca juga: Inilah 6 Benda di Rumah Yang Wajib Anda Jaga Kebersihannya)

Jangan Memasukkan Semua Jenis Sayur di Kulkas

Nggak semua jenis sayur bisa bertahan kesegarannya saat disimpan di dalam kulkas. Ada jenis-jenis sayur tertentu yang justru lebih baik disimpan di suhu ruangan. Seperti tomat, terong, dan mentimun. Simpan jenis sayuran tersebut di suhu ruangan.

Jangan Mencampur Bawang Bombay dengan Kentang

Bawang bombay, kentang, dan bawang putih sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan kering. Tapi karena bawang bombay juga mengandung ethylene maka jangan mencampurnya dengan kentang. Kentang bisa cepat bertunas bila didekatkan dengan bawang bombay.

Buang yang Sudah Mulai Membusuk

Ada bagian buah atau sayur yang mulai menguning dan membusuk? Segera buang. Jangan sampai tercampur dengan sayur atau buah yang masih segar lainnya. Karena kalau tetap tercampur maka bisa membuat buah dan sayur lain di dekatnya ikut cepat membusuk. (Baca juga: Diet Cepat dan Alami dengan Detox Jus)

About the author

Related Posts