ketombe
Beauty

Inilah 8 Cara Hilangkan Ketombe dengan Masker Alami

Selain kerontokan, permasalahan rambut lainnya yang sering mengganggu kita adalah munculnya ketombe.  Ketombe adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat di bahu Anda, yang seringkali menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Hal inilah yag akhirnya membuat sebagian orang rela menghabiskan uang demi membasmi ketombenya. Namun tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa cara alami membasmi ketombe, yang tidak memerlukan banyak uang, sehingga Anda pun dapat berhemat.

Apa saja bahan-bahan alami tersebut? Simak bahan-bahannya di bawah ini serta cara membuat masker alami tersebut:

  1. Masker lada hitam dan yoghurt

Bubuk lada hitam dapat membunuh jamur penyebab ketombe, sedangkan yoghurt akan menutrisi rambut Anda agar lebih sehat. Untuk membuat maskernya, Anda cukup mencampurkan beberapa lada hitam dengan yoghurt, lalu aplikasikan ke rambut selama beberapa saat, dan bilas hingga bersih.

  1. Masker jahe dan mentimun

Mentimun berfungsi untuk menyegarkan kulit kepala, sedangkan jahe yang kaya akan anti-bakteri dan anti-peradangan, akan membuat kulit kepala Anda lebih bersih dan bebas gatal.

Untuk membuatnya, masukkan dua ruas jahe dan satu buah mentimun ke dalam blender, lalu haluskan hingga teksturnya menjadi lebih kental. Kemudian, aplikasikan secara rutin sebelum dibilas hingga bersih. Anda bisa menggunakan masker ini setiap malam hari sebelum tidur.

(Baca juga: Inilah 5 Solusi Menghadapi Rambut Rontok)

  1. Masker lemon dan baking soda

Untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab ketombe, gunakanlah masker lemon dan baking soda. Caranya, campur terlebih dahulu baking soda dan perasan air lemon, lalu aduk hingga merata dan berbentuk pasta. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala dan bungkus kepala Anda dengan menggunakan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit agar kandungan bahan tersebut meresap, lalu bilas menggunakan air dingin.

  1. Masker madu dan avokad

Pertama, keruk daging satu buah avokad yang telah matang dan haluskan hingga teksturnya menyerupai bubur. Kemudian, tambahkan beberapa tetes madu dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada kulit kepala hingga merata dan berikan pijatan secara lembut. Lalu, bungkus kepala menggunakan handuk yang sudah diuapi selama kurang lebih 30 menit dan bilas hingga bersih.

  1. Masker madu dan minyak kelapa

Untuk membuatnya, cukup campurkan madu dan minyak kelapa lalu aduk hingga merata. Aplikasikan pada kulit kepala dan berikan pijatan lembut selama 10 menit untuk melancarkan peredaran darah dan membuka pori-pori di kulit kepala Anda. Diamkan selama 30 hingga 45 menit dan bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

  1. Masker lidah buaya dan bawang putih

Untuk menyegarkan kulit kepala dan membasmi ketombe, Anda bisa menggunakan daging lidah buaya dengan campuran bawang putih. Aplikasikan masker tersebut setiap dua hari sekali.

(Baca juga: Intip 4 Cara Menggunakan Madu Untuk Kecantikan Kulit)

  1. Masker lemon dan minyak kelapa

Campurkan air perasan lemon, parutan kulit lemon, dan minyak kelapa hingga merata dan bertekstur kental. Lalu, aplikasikan masker tersebut dan pijat kulit kepala Anda secara lembut. Jika sudah, diamkan selama setengah jam sebelum membilasnya dengan air dingin.

  1. Masker lemon dan yoghurt

Karena salah satu penyebabk rambut berketombe ialah akibat kulit kepala yang kering, maka gunakan bahan pelembap alami seperti yoghurt untuk mengatasinya. Cara membuatnya, campurkan air perasan lemon dengan yoghurt hingga teksturnya kental. lalu aplikasikan pada kulit kepala yang telah dibasahi menggunakan air hangat. Pijat lembut selama 15 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

About the author

Related Posts