sabana terindah
Tourism

Inilah 6 Sabana Terindah di Indonesia

Indonesia memang terkenal akan keindahan alamnya yang seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata mancanegara. Karena di negara ini, selain tersebar beragam hutan yang cantik, terdapat juga Padang Savana atau Sabana terindah.

Sabana, mempunyai pengertian sebagai padang rumput yang sebagian besar dipenuhi oleh semak- semak atau tanaman perdu yang terkadang diselingi oleh beberapa jenis pohon (seperti palem dan akasia) yang tumbuhnya menyebar.

Bahkan karena keindahannya, beberapa Sabana di Indonesia saat ini banyak dijadikan sebagai obyek wisata. Penasaran seperti apa pemandangan Sabana tersebut? Berikut adalah beberapa sabana terindah di Indonesia,  yang bisa dijadikan sebagai referensi petualangan Anda berikutnya:

  1. Sabana Sembalun – Gunung Rinjani

Sabana ini, terletak di jalur pendakian Gunung Rinjani di sisi timur, yang membentang sepanjang 6 km. Sabana Sembalun memiliki pemandangan yang menakjubkan, apalagi ketika cuaca sedang cerah, karena hamparan sabana ini seakan tak ada habisnya. Bahkan saking indahnya, Sabana Simbalun menjadi daya tarik dari Gunung Rinjani.

(Baca juga: Menikmati Sunrise Dan Lautan Pasir Di Gunung Bromo)

  1. Oro-oro Ombo – Gunung Semeru

Sebagai gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, Semeru memiliki padang sabana yang sangat indah, yang disebut Oro-Oro Ombo oleh warga lokal. Oro-Oro Ombo sendiri, memiliki arti sebagai ‘padang rumput yang luas’, karena luas keseluruhan padang savana ini mencapai 100 hektar.

Bahkan selain luas, Anda akan dapat memasuki kawasan Cemoro Kandang yang menjadi habitat beberapa jenis burung dan kijang, setelah melewati padang rumput yang luas ini.

(Baca juga: Tak Hanya Masuk Kuliah, Kini Pendaki Gunung Semeru Juga Harus Daftar Secara Online!)

  1. Sabana Baluran – Jawa Timur

Sabana ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kawasan Taman Nasional Baluran. Di Taman Nasional ini, terdapat berbagai macam tanaman, seperti bakau, hutan rawa, dan padang rumput yang luas. Bahkan, kita juga bisa melihat hewan liar seperti kerbau, kijang, banteng, dan macan tutu yang hidup bebas di alam liar.

(Baca juga: Inilah Kesenian Khas Jawa Timur Perlu Dikenal)

  1. Sabana Sadengan – Banyuwangi

Terletak di Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Sabana Sadengan merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Sabana yang memiliki luas kurang lebih 80 hektar ini, tidak hanya memiliki pemandangan rumput, tetapi disini juga masih terdapat banyak hewan-hewan liar, seperti b anteng, burung merak, rusa, babi hutan, dan lutung jawa yang bebas berkeliaran di Padang Rumput Sadengan. Karena hal inilah selain Baluran, padang rumput Sadengan juga sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.

(Baca juga: Pulau Pandanan Jadi Wisata Khusus Perempuan)

  1. Sabana Cikasur – Gunung Argopuro

Walaupun masih kalah pamor dengan gunung-gunung lain di Indonesia, Gunung Argopuro memiliki banyak keunikan lain, salah satunya padang sabana yang tersebar di beberapa tempat. Bahkan uniknya, saat musim hujan, ilalang-ilalang di Sabana Cikasur menimbulkan gradasi hijau tua dan hijau muda yang sangat cantik dipandang mata. Lalu saat musim kemarau tiba, kumpulan ilalang tersebut akan berwarna kekuning-kuningan. Bahkan tak hanya itu saja, karena disana, kabut aeringkali menghadang, sehingga menimbulkan kesan mistis namun tetap menawan. Bahkan jika beruntung, Anda pun bisa menemukan kawanan burung merak disini.

(Baca juga: Serasa Ke Eropa, Inilah 5 Lokasi Terdingin di Indonesia!)

  1. Sabana Gunung Merbabu – Taman Nasional Gunung Merbabu

Selain di Gunung Argopuro, Sabana atau padang rumput juga dapat ditemukan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Walaupun padang rumput di sini tidak seluas di tempat lain, akan tetapi tempat ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan sabana-sabana lain.

Jika tertarik mengunjunginya, Sabana Gunung Merbabu dapat ditemui di beberapa titik, terutama di lembah dan punggungan setelah menuruni puncak utama Merbabu yang ditandai dengan triangulasi, atau sebelum menuju puncak utama bila pendakian dari Dusun Genting.

(Baca juga: Bukan Swiss, Tempat Ini ada di Taman Nasional Lorentz, Papua)

About the author

Related Posts