Fashion

Ini Cara Jitu Membedakan Jam Rolex Asli atau Palsu

Perbedaan antara Rolex asli dan palsu tidak selalu kentara, namun dengan beberapa panduan sederhana berikut Anda bisa menentukan apakah Rolex Anda asli atau hanya imitasi murahan.

Bagi mereka yang mampu membelinya, arloji Rolex adalah simbol utama keanggunan dan kemewahan sejati. Karena alasan inilah banyak sekali dijual barang tiruannya.

Untuk barang tiruan yang berkualitas tinggi, bagaimanapun Anda harus bertanya pada ahlinya. Untuk mulai mempelajari kiat-kiat efektif dalam menentukan rolex asli atau palsu.

1.  Cap Serial & Model Number

Nomor serial dan model pada Rolex asli sangat dalam dan ditandai dengan sempurna dengan garis padat dan sangat halus yang benar-benar bersinar  Sebaliknya, angka pada jam rolex palsu, atau replika, biasanya terdiri dari titik-titik kecil yang tidak jelas/samar karena proses untuk membuat serial dan model number dibuat dengan kualitas yang lebih rendah. 

2. Logo Rolex

Jam Tangan Rolex yang asli selalu terdapat logo rolex sedangkan yang palsu / replika tidak ada logonya.

3. Movement

Movement yang memberi kekuatan pada Rolex merupakan cerminan dalam keterampilan pembuatan jam tangan. Jam tangan replika tidak dapat menyamai keahlian, dedikasi, ketepatan, dan pengetahuan yang diterapkan ke dalam mesin rolex yang hanya terlihat ketika anda membuka arloji.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa mayoritas jam tangan merek memiliki gerakan mekanis. Namun jika anda melihat yang bertipe quartz, anda akan melihat tanda merah pada mesinnya karena diproduksi dalam jumlah yang terbatas.

4. Dial

Dial pada rolex asli sangat sempurna. Jadi, jika Anda melihat font yang tidak rata, space yang tidak konsisten antara huruf, tinta, dan / atau salah eja pada jam tangan maka itu tidak diragukan lagi palsu.

5. Cyclops

yclops, dalam bahasa Rolex, adalah lensa pembesar di atas  tanggal. Pada rolex asli asli, Cyclops cembung dan memperbesar tanggal 2,5 kali untuk kemudahan membaca. Jika lensa pembesarannya datar dan tanggalnya tidak diperbesar seperti di sebelah kiri, maka bisa dipastikan rolex tersebut palsu. 

6. Waterproof

Jam tangan Rolex dibuat tahan air, sementara versi palsu tidak tahan uji air yang . Namun, jangan menggunakan tes air jika Anda ragu bahwa jam yang anda bidik asli karena kemungkinan akan merusak jam tangan dan tentu anda perlu menggantinya jika rusak.  

7. Bobot

Rolex asli akan memiliki berat lebih daripada yang palsu karena diproduksi secara eksklusif dari bahan terbaik. Jam tangan palsu akan terasa lebih ringan dan tipis karena bahannnya yang lebih murah. 

8. Caseback

Dengan pengecualian beberapa model vintage yang sangat langka yang diproduksi pada tahun 1930an, Rolex tidak melengkapi jam tangan mereka dengan casebacks yang jelas, jadi waspadalah terhadap jam tangan replika yang memiliki jendela jernih dengan mesin yang terlihat jelas.

9. Ukiran pada cashbacks

Kecuali hanya beberapa contoh langka, seperti vintage Rolex Sea Dweller, COMEX, Military watches, dan beberapa model langka yang lebih tua, Rolex tidak mengukir (sebagian besar) bagian luar casebacks mereka dengan kata-kata, logo, atau gambar. Jika jam tangan Anda melihat fitur ukiran di bagian belakang arloji, kemungkinan itu adalah jam tangan replika Rolex palsu atau imitasi. Selain itu, beberapa model seperti Lady Rolex Datejust seperti 6917, 69173 dan 69174 memiliki “Stainless Steel” dan “Registered Design” di bagian belakang.

10. Micro-Etched Crystal

Pada tahun 2002, Rolex memulai pembuatan logo mahkota kecil pada posisi pukul enam di atas kristal yang melindungi tombol dial. Jika Anda ingin membeli Rolex yang dibuat pada tahun 2002 dan seterusnya, cari tanda bukti otentisitas ini. Karena sangat kecil, sulit dilihat dengan mata telanjang. Detail ini juga menyulitkan jam tangan palsu untuk menirunya.

About the author

Related Posts