Korea Selatan
Tourism

Ingin Liburan Murah Ke Korea Selatan? Yuk Coba 7 Tips Ini

Sejak merebaknya K-Pop dan dramanya ke seluruh dunia, Korea Selatan memang menjadi destinasi liburan favorit bagi para wisatawan yang penasaran dengan suasana negara tersebut. Nah jika Anda berencana untuk pergi ke negara ginseng tersebut, sedangkan budget yang dimiliki terbatas. Sebenarnya, ada loh beberapa cara agar bisa liburan murah ke Korea?

Penasaran bagimana caranya? Yuk simak tujuh tips agar liburan Anda bisa murah ke Korea Selatan, seperti yang dikutip dari beberapa sumber di bawah ini:

  1. Pilih tiket pesawat

Jika ingin berhemat, lebih baik pilih tiket pesawat yang murah. Bisa dengan membelinya dari jauh-jauh hari  (19 minggu sebelum hari H perjalanan), ataupun mencari penerbangan dengan rute termurah. Selain itu, atur juga pengeluaran ketika sedang transit di sebuah negara atau bandara, serta batasi konsumsi makanan Anda atau pembelian oleh-oleh di negara tersebut.

  1. Makanan

Jika ingin makan saat sampai di Korea Selatan, lebih baik pilih makanan di pinggir jalan, karena makanan-makanan tersebut tidak membutuhkan budget yang mahal. Bahkan, makanan dan jajanan ringan di pinggir jalan tersebut masih termasuk mengenyangkan.

  1. Akomodasi

Korea Selatan memiliki sejumlah alternatif tempat penginapan murah, seperti hostel atau guesthouse yang masih bisa Anda temukan di kota-kota besar seperti Seoul. Untuk kamar asrama, hanganya berkisar antara 15.000 – 25.000 won, sedangkan untuk kamar pribadi berkisar antara 25.000-40.000 won

Namun tak hanya hotel atau guesthouse yang bisa Anda ambil untuk menghemat biaya, karena Korea Selatan juga memiliki Jjimjilbang (Rumah Sauna Korea). Bagi yang suka menonton drama korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut.

Jjimjilbang seringkali digunakan sebagai alternatif penginapan para traveler, karena tempat tersebut tidak hanya menyediakan tempat mandi dan baju tidur, tetapi Anda pun juga bisa mandi air hangat, makan di restorannya, ataupun menonton DVD di tempat yang sudah disediakan. Jika berminat, biaya masuk ke Jjimjilbang relatif lebih murah, yaitu berkisar antara 5.000-15.000 won.

(Baca juga: Tak Ingin Malu Saat Traveling Ke Luar Negeri? Yuk Ikuti 5 Tips Ini)

  1. Transportasi

Jika ingin berhemat, lebih baik gunakan transportasi umum saat Anda berada di Korea Selatan, karena biayanya lebih murah. Nah untuk menikmati transportasi umum tersebut, belilah T-Money terlebih dahulu sesampainya Anda disana. T-Money, merupakan  sebuah kartu yang bisa Anda gunakan untuk membayar bus, subway, taksi, dan bahkan barang belanjaan di beberapa convenient store. Jadi untuk berkeliling kota, Anda bisa naik subway, bus, ataupun taksi yang biayanya juga tidak terlalu mahal.

  1. Tempat wisata

Pemerintah Korea Selatan menyediakan banyak tur gratis untuk memanjakan para wisatawan, yang tentunya sangat cocok untuk menghemat biaya. Caranya, Anda hanya perlu melihat jadwal tur gratis yang Anda inginkan di internet, mengisi formulir pendaftaran jika dibutuhkan, lalu datang ke tempat pertemuan di hari H.

Tak hanya itu, Anda juga bisa ke Korean Tourism Office, karena di sana tersedia banyak aktivitas yang bisa Anda ikuti, seperti belajar kaligrafi dan membuat kerajinan khas Korea, ataupun berfoto dengan pakaian tradisional Korea. Pilihan lainnya adalah museum khusus Hallyu/Korean Wave yang bisa Anda kunjungi dengan gratis. Dan yang pasti, Anda pun bisa naik Seoul City Tour Bus yang akan menurunkan Anda di objek-objek wisata yang ada di kota tanpa harus mengeluarkan biaya.

  1. Tempat belanja

Nah jika Anda ingin berbelanja pernak-pernik atau oleh-oleh, lebih baik pergilah ke Dongdaemun atau Myeongdong yang terletak di Seoul. Disana, Anda bisa mendapatkan barang-barang dengan harga murah namun tetap dapat membuat Anda tampil keren.

  1. Pakai kartu kredit

Jika saat disana Anda kehabisan uang cash, janganlah menarik uang di ATM. Mengapa? Karena menarik uang di ATM luar negeri, akan membuat Anda terkena biaya administrasi yang lumayan besar, yakni sekitar Rp 80.000 – Rp 100.000. Jadi sebaiknya, pakailah kartu kredit Anda, karena biaya yang dikeluarkan akan relatif lebih hemat dibanding menarik uang di ATM.

(Baca juga: 7 Cara Menyapa Dari Beberapa Negara Di Dunia)

About the author

Related Posts