silicon-valley
Education

Ingin Bekerja di Silicon Valley, Jawab 9 Pertanyaan Ini

Bermimpi untuk diterima berkerja di berbagai perusahaan teknologi di Silicon Valley? Anda perlu menjawab dengan tepat sembilan pertanyaan menantang di bawah ini.

1. Pada hari terbaik di tempat kerja – hari ketika Anda pulang ke rumah dan berpikir telah mengerjakan pekerjaan terbaik di dunia – apa yang sebenarnya Anda lakukan hari itu?
Facebook belum lama ini melansir pertanyaan tersebut untuk mengetahui seberapa kuat kepercayaan diri dan passion pelamar pada pekerjaan yang ditujunya.

2. Tubuh Anda tiba-tiba menciut hingga tidak lebih besar dari uang koin, dan kemudian dilemparkan ke dalam blender. Ukuran Anda menyusut dan otomatis juga berat massa, namun blender akan mulai melumat dalam waktu 60 detik ke depan. Apa yang akan Anda lakukan?

Adalah Google yang kerap menanyakan pertanyaan sejenis, di mana bertujuan untuk mengetes seberapa kuat logika berpikir untuk keluar dari dalam blender terkait.

3. Seseorang mencelakakan dirinya dengan menabrakkan mobilnya ke lobby hotel. Apa yang sebenarnya terjadi?
Pertanyaan lain dari Google yang cukup mengecoh. Jawabannya adalah ‘seseorang’ tersebut sedang bermain papan monopoli.

4. Jika saya bertanya kepada salah teman baik Anda, hal apa yang akan ia katakan untuk menguatkan nilai tawar Anda ketika melamar kerja?
Konon, Apple Inc kerap menanyakan hal ini guna mengetahui seberapa jujur para pelamar kerjanya.

Baca Juga : Begini Cara Hindari Salah Hashtag

5. Jika Anda memiliki kesempatan memilih kekuatan super, tidak terlihat atau dapat terbang, manakah yang Anda pilih?
Jika Anda memilih untuk tidak terlihat, maka Anda adalah seorang yang pemalu. Namun, jika Anda memilih untuk bisa terbang, Anda punya potensi untuk jadi pemimpin.

6. Saat bangun tidur, Anda memiliki 2.000 email masuk, dan harus menjawab setidaknya 300 di antaranya, bagaimana cara Anda menyortirnya?
Anda sedang dijebak oleh calon pemberi kerja mengenai tingkat loyalitas dalam bekerja.

7. Apa yang akan dilakukan jika Anda adalah salah satu penumpang selamat dalam sebuah kecelakaan pesawat?
Biasanya pertanyaan ini ditujukan kepada mereka yang melamar pekerjaan di bidang keamanan digital.

8. Apa hal yang Anda favoritkan dari era 90-an dan 2000-an awal?
Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mencari tahu seberapa milenial pemikiran pelamar kerja. Alasannya adalah perusahaan teknologi membutuhkan tenaga kerja yang peka dan adaptif terhadap perubahan zaman.

9. Jeff Bezos (CEO Amazon) datang ke meja kerja Anda dan menjanjikan modal jutaan dollar untuk mengembangkan ide Anda menjadi sebuah bisnis startup yang sukses. Sebenarnya ide apa yang Anda miliki?
Ini adalah pertanyaan khas perusahaan e-commerce terbesar di dunia, di mana berdasar pada ketertarikan sang pendiri, Jeff Bezos, pada ide-ide gila nan visioner. Semakin Anda berani mengajukan ide gila dan jelas dalam menjabarkan visinya, maka Anda adalah kandidiat terkuat untuk lolos.

About the author

Related Posts