great skellig
Tourism

Indahnya Pulau Great Skellig dalam Last Jedi

Dalam Film Star Wars: The Last Jedi, ternyata ada yang menarik yang dari keindahan alamnya yaitu Planet Anch-To. Keindahan alam Planet Anch-To ini merupakan sebuah pulau di Irlandia yang bernama Great Skellig.

Great Skellig adalah sebuah pulau karang di Semenanjung Iveragh, Irlandia. Pulau seluas 21,9 ha ini menjadi salah satu lokasi shooting film seri terbaru Star Wars: The Force Awaken yang sedang hype saat ini. Menurut Bloomberg, minat kunjungan ke pulau ini bertambah, menyusul pemutaran film tersebut. Mengetahui pulau ini menjadi salah satu lokasi incaran, institusi pariwisata Irlandia meminta LucasFilm, produser Star Wars, untuk membuat film pendek untuk mempromosikan pulau tersebut.

Berjarak 11,6 km di sebelah barat daya County Kerry, para wisatawan bisa menggunakan perahu untuk berkunjung ke pulau terbesar di Kepulauan Skellig ini. Selain pemandangan laut, di sini terdapat sisa-sisa biara umat Kristen yang berdiri sejak abad ke-7 yang terpakai hingga abad ke-12. Keberadaan biara inilah yang membuat pulau ini masuk dalam UNESCO World Heritage Site, pada tahun 1996.

Baca Juga: 3 Film Terlaris 2017 dengan Pemeran Utamanya Perempuan

Dipilihnya Skellig Michael sebagai lokasi pembuatan film, dilihat oleh penduduk di Portmagee, kampung nelayan terdekat yang menjadi tempat pemondokan film’s crews selama shooting, sebagai peluang ini. Seperti Gerard Kennedy, pemilik Moorings guest house dan Bridge Bar. Dia kini mempunyai paket seharga 149 Euro atau sekitar Rp 2,3 juta, untuk menginap dua malam dan mendapat t-shirt Star Wars, plus cerita di balik shooting film blockbuster tersebut.

Sayangnya, jadwal perahu ke Skellig Michael terbatas, yaitu hanya ada di antara bulan Mei hingga Oktober. Maklum cuaca di daerah tersebut di bulan-bulan lain tidak bersahabat untuk perjalanan ke pulau kecil itu. Namun, dengan alasan pelestarian, jumlah wisatawan ke pulau itu juga dibatasi, yaitu hanya 15,000 orang per tahun. Kunjungan ke pulau konservasi ini sebenarnya juga berisiko. Untuk mencapai area biara yang berada 200 meter di atas permukaan laut, pengunjung harus menapaki 660 tangga batu yang curam dan hanya berbatas tebing karang. Menurut informasi setempat, pada tahun 2009 ada dua orang wisatawan asal Amerika jatuh dan meninggal. Untuk itu, bagi yang tidak mau menanjak, bisa memilih untuk mengelilingi pulau kecil ini sambil mengamati keindahan samudera, atau cukup di sekitar County Kerry yang berpemandangan khas pesisir Irlandia.

Pariwisata ke Irlandia sendiri belakangan meningkat, menyusul melemahnya mata uang euro terhadap dollar AS. Tercatat jumlah kunjungan wisata dari Amerika Utara naik 15 persen pada periode Januari – November 2015.

About the author

Related Posts