duduk terlalu lama
Health

Hal Ini Bisa Terjadi Jika Anda Duduk Terlalu Lama Saat Kerja

Pekerja kantoran sering dituntut mengerjakan tugas seharian sejak pukul 09:00 hingga 17:00. Para karyawan juga sering duduk sambil mengetik dengan kondisi yang kurang nyaman. Hal tersebut tentu tidak terlalu bagus untuk kesehatan. Selain membuat pegal, kerja seperti itu seharian dapat membuat mata jadi kering dan pikiran kurang fokus.

 

bahaya-duduk-terlalu-lama

 

Berikut ini efek negatif dari duduk terlalu lama saat kerja.

  • Pikiran Tak Tajam

Sering merasa kurang fokus saat sore menjelang? Hal tersebut memang wajar dan menjadi salah satu akibat negatif dari duduk terlalu lama. Agar aliran darah lancar ke otak teryata Anda harus banyak bergerak. Ketika duduk terlalu lama, Anda pun membatasi jumlah darah yang mencapai ke sana sehingga membuatnya ‘berkabut’ dan melambatkan fungsinya. Maka dari itu, setelah merasa bermasalah dengan pikiran, ada baiknya untuk menyempatkan sedikit berjalan-jalan.

  • Tubuh Sakit dan Kaku

Saat Anda tidak banyak bergerak, otot-otot pun berhenti berfungsi. Jika terlalu lama seperti itu, bisa-bisa Anda menghilangkan kekuatan dan tubuh berisiko terasa sakit bahkan ketika digerakkan sedikit. Agar aman, pastikan posisi duduk benar-benar nyaman atau pilih bangku yang menunjang tulang belakang dengan sempurna.

  • Sakit Punggung

Ketika duduk terlalu lama, punggung bisa menjadi terasa sakit. Hal tersebut disebabkan karena duduk memberi tekanan pada bagian tulang belakang. Apalagi jika Anda melakukannya dengan keadaan tidak ideal, misalnya membungkukan badan karena melihat komputer atau sambil menelepon. Hal itu tidak hanya akan mengganggu punggung namun juga leher sehingga menimbulkan sakit jangka panjang serta masalah fleksibilitas.

  • Timbul Rasa Cemas Bahkan Depresi

Ternyata duduk terlalu lama bukan cuma mengganggu kesehatan fisik tapi juga jiwa. Penelitian membuktikan jika orang yang tidak banyak kegiatan cenderung mudah terserang masalah kecemasan dan depresi. Itu disebabkan karena kurangnya energi dan endophin yang bisa didapatkan dari olahraga.

  • Kaki ‘Berurat’

Tampilan kaki yang berurat tentu tidak diinginkan, terutama oleh wanita. Untuk menghindarinya sebaiknya Anda tidak duduk terlalu lama. Duduk sepanjang hari dapat mengganggu sirkulasi darah dan memberi tekanan pada kaki sehingga memicu terlihatnya urat-urat kecil. Ketika sudah tampak, tampilan itu tidak bisa diperbaiki lagi.

Selain karena tidak sedap dilihat, hal tersebut juga bisa menimbulkan bahaya lain seperti penyumbatan darah. Untuk mencegahnya, sediakan waktu untuk berjalan setiap harinya. Misalnya saat istirahat atau memilih menggunakan transportasi umum yang mengharuskan Anda banyak melangkahkan kaki.

Baca juga : Studi Sebut Minum Kopi 3 Cangkir Sehari Bermanfaat Bagi Kesehatan

About the author

Related Posts