Gunung Semeru
Tourism

Tak Hanya Masuk Kuliah, Kini Pendaki Gunung Semeru Juga Harus Daftar Secara Online!

Dengan ketinggian 3.576 meter di atas permukaan laut, Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Sehingga diperlukan waktu sekitar empat hari untuk mendaki puncak gunungnya.

Nah jika Anda berniat untuk mendaki gunung ini, maka Anda harus mendaftar secara online terlebih dahulu. Karena belum lama ini, Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menegaskan akan mewajibkan seluruh calon pendaki gunung Semeru untuk mengajukan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi atau Simaksi secara online, per tanggal 1 Oktober 2017.

“Sebelumnya, memang Simaksi dapat diperoleh langsung di Gubugklakah untuk maksimal 10 orang. Tetapi dengan adanya pengajuan Simaksi secara online ini, maka pendakian secara langsung di pintu pendakian Gunung Semeru akan dihapuskan,” ujar Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Nova Elina.

Untuk SOPnya sendiri, menurutnya, pengajuan Simaksi online tersebut masih dalam proses pembahasan lebih lanjut.

“Prosedurnya hampir sama. Hanya SOP (Standar Operasi Prosedur) akan kami sederhanakan. (Aturan baru ini) masih dalam proses pembahasan untuk detailnya. Nanti kalau SOP-nya sudah di-update akan saya infokan ya,” ujarnya.

Aturan tersebut pun juga dirasa akan mempermudah pengontrolan kuota dan pengecekan para pendaki Gunung Semeru.

(Baca juga: Nikmatnya Kuliner Di Gunung Bromo)

About the author

Related Posts