gunung agung
Tourism

Gunung Agung Meletus? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Erupsi Gunung Agung, Bali telah berlangsung sejak Sabtu (25/11) mulai pukul 17.30 waktu setempat. Letusannya telah mencapai 1.500 meter saat itu. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bahwa tingkat erupsi Gunung Agung saat ini telah meningkat ke fase magmatik.

“Asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 2.500-3.000 meter di atas puncak kawah,” kata Sutopo.

Namun, para wisatawan yang sedang berada di Pulau Dewata tak perlu khawatir. Setidaknya ada lima hal yang perlu Anda lakukan saat erupsi Gunung Agung.

  1. Jangan panik

Pakar vulkanologi Surono menyarankan para wisatawan dan masyarakat sekitar tidak perlu panik karena tidak semua wilayah Bali tertutup abu vulkanik.

“Bali itu kan luas. Tidak semua wilayah tertutup abu, lagipula abunya terbang mengarah ke arah tenggara. Daerah yang berada di sebelah barat, utara, dan selatan Gunung Agung tidak bermasalah,” kata Mbah Surono.

  1. Berada di jarak yang aman

Para wisatawan wajib memastikan dirinya berada di daerah yang aman. Surono menyarankan untuk berada pada jarak yang aman. “Kalau ingin melihat erupsi Gunung Agung, sebaiknya wisatawan berada di luar radius enam kilometer (dari Gunung Agung). Itu sudah cukup,” katanya.

Baca juga: Penyakit Paru Apa yang Menjadi Penyebab Kematian Laila Sari?

  1. Perhatikan arah angin

Mbah Surono menyebutkan bahwa saat ini abu vulkanik Gunung Agung terbawa angin ke arah tenggara. Dengan demikian, wisatawan bisa mencari informasi tentang arah angin yang membawa abu vulkanik itu sehingga bisa memilih obyek wisata yang tidak terpapar abu vulkanik.

  1. Gunakan masker

Untuk keselamatan dan kesehatan, wisatawan dan masyarakat disarankan untuk menyediakan dan memakai masker, terutama di daerah vulkanik. “Saat ini hanya abu vulkanik. Bukan menyepelekan, namun pencegahannya bisa dengan menggunakan masker dan topi sehingga tidak kena abu,” ujar Mbah Surono.

  1. Gunakan pakaian yang aman

Selain masker, hal lain yang Anda perlu perhatikan adalah pakaian yang Anda kenakan. Mbah Surono mengatakan bahwa wisatawan yang berada dekat dengan lokasi Gunung Agung disarankan untuk mengenakan busana dengan lengan panjang.

“Hujan abu memang belum lebat. Pakaiannya biasa saja. Kalau tidak, pakai paying saja. Kalau hujan abu sudah mulai lebat, ya jangan mendekat,” ujarnya.

 

About the author

Related Posts