Tourism

Festival Danau Toba 2017, Festival Danau Vulkanis Terbesar di Asia Tenggara.

Festival Danau Toba jadi salah satu agenda tahunan guna mendongkrak pariwisata di kawasan danau vulkanis terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Awalnya, event budaya, pariwisata, dan olahraga ini bernama Pesta Danau Toba. Lalu event ini berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011.

Sejak berganti nama menjadi Festival Danau Toba lokasi pelaksanaan event ini dilakukan secara bergantian di kabupaten sekawasan Danau Toba. Event nasional ini sudah berlangsung sejak tahun 1980-an.

Dan untuk tahun ini Festival Danau Toba digelar pada 6-9 Desember 2017. Festival Danau Toba tahun ini berpusat di Bakkara, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas), Sumatera Utara. Banyak kegiatan menarik yang digelar di sana. Mulai dari kegiatan komprehensif musik, seni dan kerajinan, kompetisi olahraga tradisional, seminar pariwisata, hingga pameran.

Selain di Bakkara, kamu juga bisa menikmati festival ini di Sipinsur. Lokasinya sangat indah dengan Danau Toba sebagai latar belakang pemandangannya.

Baca Juga : Mencari Arah Utara Tanpa Menggunakan Kompas

Sementara, Doloksanggul akan menyelenggarakan lima kegiatan lainnya, yakni menjadi tempat hostdinner, lomba paduan suara, Pemilihan Ucok Butet Geopark, Lomba Seruling, hingga Seminar Budaya dan pariwisata.

Terdapat 10 kegiatan yang telah dipersiapkan dengan baik. Seperti tempat Finish Geopark Kaldera Toba, Pameran Ulos sepanjang 500 meter, Defile kecamatan se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Defile Kabupaten dan Provinsi peserta FDT, serta parade gondang Batak.

Ada pula kolaborasi musik etnik dan modern, paduan suara massal, pameran kuliner dan UMKM, lomba vokal grup, penampilan artis ibu kota, dan pagelaran seni budaya Kabupaten atau Provinsi.

Sebelum dan sesudah Festival Danau Toba, juga terdapat acara menarik lainnya. Kamu bisa menikmati secangkir kopi nikmat khas Indonesia di Sipinsur pada 2 Desember mendatang.

Selain itu, ada pertunjukkan budaya dan hiburan di Desa Sipinggan, Samosir, pada 28 Desember. Ini merupakan acara puncak di Danau Toba pada akhir tahun.

Kamu bisa menikmati agenda akhir tahun yang sangat menggembirakan di sini. Apalagi kamu dapat melewati momen pergantian tahun baru dengan sangat berkesan di Danau Toba.

About the author

Related Posts