co-working
Entertainment

Co Working Space Tren Kerja Zaman Now

Sekarang tak usah dikhawatirkan lagi, di zaman millenial kerja bisa di mana saja dan kapan saja. Asalkan ada gawai, koneksi internet ngebut, dan cemilan enak sampai duduk leyeh-leyeh sudah dapat melahirkan karya.

Tapi ada yang kurang, tempat yang nyaman dan santai waktu bekerja. Sudah pasti buat siapa saja yang ada di dalamnya bebas berkreasi dan menuangkan idenya. Konsep tempat kerja model baru ini dikenal dengan Coworking Space.

Walaupun sudah ada cafe atau kedai kopi, rasanya tak cukup mengapresiasikan tempat kerja sesungguhnya. Kesannya kedua tempat tadi lebih cocok sebagai lokasi santai namun terlalu riskan untuk bekerja. Berbeda jauh dengan konsep yang ditawarkan dari Coworking Space sendiri.

Coworking Space sebuah konsep ruang kerja ala millenial yang memanfaatkan ruangan yang sempit jadi efisien namun tetap santai dalam bekerja. Ini menjadikan kantor bagi semua kalangan mulai dari kelompok atau komunitas hingga perorangan.

Ada sekitar 3000 Coworking Space yang tersebar di dunia dan salah satunya yang ada di Indonesia. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari Coworking Space mulai dari kalangan profesional, perusahaan perintis (Startup) hingga perorangan mampu bekerja di ruangan yang sama dengan fasilitas lengkap.

Baca Juga : Ini Bahayanya Konsumsi Alkohol

Coworking Space ialah tempat atau ruangan layaknya kantor dengan konsep yang digunakan secara bersama-sama dan bersifat terbuka dari berbagai instansi dengan sejumlah akomodasi lengkap yang ada di dalamnya. Mulai dari fasilitas seperti meja, kursi, ruangan serba nyaman hingga colokan + Wi-Fi super ngebut.

Jangan heran setelah proyek masing-masing, Anda bisa berinteraksi dengan siapa saja dari berbagai latar belakang yang ada di Coworking Space. Secara tak langsung Anda mampu memperkuat jaringan dan interaksi. Ruangan yang kondusif semakin membuat setiap anggota merasakan energi positif saat mengerjakan proyeknya.

Di Indonesia sendiri, konsep ini masih sangat awam dan masih sedikit saingannya. Namun bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan mengingat besarnya nilai pekerja lepas di tanah air. Selain itu sangat sedikit ruang kerja yang memiliki atmosfer yang nyaman dan meningkat produktivitas kerja.

Mungkin baru di beberapa kota besar di tanah yang sudah memiliki Coworking Space. Namun jangan berkecil hati, karena nantinya akan muncul di sejumlah kota-kota kecil lainnya. Mengingat akan besarnya kebutuhan ruangan kerja khususnya bagi perusahaan perintis dan pekerja lepas.

Banyak pengembang yang mulai membuka kantor Coworking Space, mengingat terbatasnya lahan khususnya di perkotaan. Dulunya sering disebut dengan SOHO (Small Office Home Office) yang terkesan kaku dan hanya terdiri satu perusahaan saja di dalamnya.

Lalu SOHO disulap jadi lebih menarik dan punya nilai jual tinggi menjadi Coworking Space. Salah satunya yang berbeda ialah konsepnya dan siapa saja bisa ambil bagian untuk bekerja di dalamnya.

About the author

Related Posts