Food

Cicipi Masakan Aceh di Restoran Medan Baru

Masakan Aceh adalah masakan yang identik dengan bumbu rempah-rempah perpaduan kebudayaan Arab dan India. Dan jika anda ingin mencoba menu khas Aceh anda tidak perlu jauh-jauh ke Aceh, di Jakarta juga sudah ada sebuah rumah makan yang menyajikan makan khas aceh seperti gulai ikan kepala kakap, kari kambing, ikan kayu dan sambal asam udang.

Sebuah restoran yang  bernama  Medan Baru ini berada di Jakarta pusat tepatnya di bilangan Pasar Baru.

Di restoran tersebut semua menu yang disajikan khas Aceh. Di antaranya gulai ikan kepala kakap, kari kambing, ikan kayu dan sambal asam udang. Tak hanya makanan, di restoran milik Ibrahim (63) itu juga menyediakan minuman khas Aceh yaitu jus timun, jus terong Belanda dan kopi Langon. (Baca juga: 5 Restoran Timur Tengah Rekomendasi di Jakarta)

Jus timun rasanya manis dan segar. Timun beserta bijinya begitu terasa. Sedangkan jua terong terasa asam pekat tapi segar. Semua rasa makanan dan minuman di restoran tersebut lezat dan sedap karena bumbunya begitu terasa.

Hampir semua masakan di sana menjadi andalan. Tapi menu favorit adalah gulai ikan kepala kakap dan sambal asam udang. Sambal asam udang perpaduan antara belimbing dengan udang. Ada yang unik saat kita akan makan gulai kepala kakap. Kelezatannya bertambah ketika minyak yang terdapat di sambal asam udang dicampurkan ke gulai ikan kakap.

Ibrahim, sang pemilik yang asli Aceh mengatakan, restorannya berdiri sejak puluhan tahun lalu. Dia mendirikan restoran tersebut lantaran ingin memperkenalkan makanan Aceh di Jakarta.

Dia memberikan nama Medan Baru karena pernah merantau di Medan. Selain itu menurutnya kata medan itu bisa juga berati perjuangan.

restoran_medan_baru_02

Untuk memanjakan lidah pelanggan, ikan kakap didatangkan langsung dari Papua. Menurut dia, kakap dari Papua segar, sementara di Jakarta belum dijual kakap segar. Sedangkan bumbu, awalnya dipasok langsung dari Aceh.

“Dulu iya (bumbu dari Aceh), sekarang di Jakarta udah lengkap,” tuturnya

Kisaran harga makanan di restoran tersebut mulai dari puluhan ribu rupiah. Semua itu sesuai dengan rasa, tempat dan pelayanan yang diberikan.

Menurutnya, bila ada masakan yang disajikan tidak panas, boleh ditukar. Menurutnya semakin banyak pengunjung yang protes maka semakin bagus. Karena dirinya menerapkan pelayanan nomor dua setelah cita rasa masakan. (Baca juga: 6 Museum Unik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi)

Setiap harinya pengunjung selalu ramai mendatangi restoran yang punya sekitar 100 pegawai itu. Bahkan, restoran Medan Baru membuka dua cabang di Jakarta yaitu di Jakarta Utara dan di Jakarta Barat. “Kalau di Puri Kembangan tempatnya bak hotel berbintang 5, mewah,” ucapnya bangga

About the author

Related Posts