MenjagaGinjal
Health

Cara Simpel Menjaga Kesehatan Ginjal

Gangguan fungsi ginjal dapat membahayakan karena fungsi ginjal yang sangatlah variatif untuk tubuh dan juga risiko komplikasi yang ditawarkan salah satunya penyakit kardiovaskular.

Memperingati Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) di Bulan Maret 2018, penting nih untuk membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara-cara simpel untuk terhindar dari gangguan fungsi ginjal.

Jangan Stres Berlebihan

Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut antara stres dan kerusakan ginjal, akan tetapi stres dipercaya dapat mendatangkan hal-hal negatif yang akan mengganggu kesehatan. Selain itu, erat kaitannya stres dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Misalnya dengan pengalihan stres, dengan memakan makanan tidak sehat atau bahkan dengan mengkonsumsi alkohol, yang mana keduanya dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Jangan Malas Bergerak

Standar dari WHO (Badan Kesehatan Dunia) kita jalan 30 menit dalam sehari supaya jantung bisa kita jaga fungsinya. Pembuluh darah tetap elastis, aliran darah terjaga, dan metabolisme terjaga.

Tidak ada salahnya kita mulai membiasakan diri untuk berjalan kaki jika jarak yang kita tempuh itu dekat, menaiki tangga yang tidak terlalu tinggi atau hanya untuk berlari kecil sebelum memulai aktifitas.

 

Periksa Kesehatan Ginjal Lebih Dini

Sebagian besar orang tidak mengeluhkan gejala apapun sampai penyakit ginjal kronisnya memasuki stadium lanjut. Bahkan, fungsi ginjal dapat menurun hingga 90 persen sebelum gejala muncul.

Deteksi dini ini perlu dilakukan, terutama bagi orang-orang yang memiliki faktor risiko tinggi mulai dari orang yang punya riwayat keluarga dengan penyakit yang sama, obesitas, punya hipertensi atau penyakit diabetes. Deteksi dini ini dimaksudkan untuk mencegah komplikasi yang datang akibat penanganan yang terlambat dari penyakit tersebut.

Jangan Malas Minum Air Putih

Jika pasokan air yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan air yang dikeluarkan, akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Efek buruknya bisa dehidrasi.

Saat mengalami dehidrasi maka tekanan darah akan turun, begitu juga dengan aliran darah dan kerja pompa ginjal. Kurang minum air juga membuat si empunya tubuh berisiko mengalami batu ginjal.

Baca juga: Kurang Dapat Manfaat Dari Minum Teh? Mungkin Cara Penyeduhannya Salah

 

About the author

Related Posts