penyeduhan teh
Food

Kurang Dapat Manfaat Dari Minum Teh? Mungkin Cara Penyeduhannya Salah

Minum teh setiap hari memang memiliki beberapa khasiat, seperti melancarkan metabolisme atau menghilangkan ngantuk. Citra rasa dari teh juga dapat menenangkan suasana hati seseorang. Masalahnya, jika cara penyeduhannya salah, maka akan dapat mengurangi khasiat dan rasa khas tehnya.

Perdebatan tentang bagaimana membuat secangkir teh yang sempurna telah berlangsung lama. Akhirnya ditemukan adanya satu kesalahan umum yang bisa merusak citarasa teh.

Perdebatan soal penyeduhan teh berkisar antara kantung teh atau teko sebagai metode penyeduhan. Dan juga soal berapa lama waktu yang dibutuhkan agar teh terseduh dengan sempurna.

Baca juga: Dipromosikan Hotman Paris, Kedai Kopi Johny Langsung Hits

Lalu bagaimana cara menyeduh teh yang benar untuk melindungi manfaat dan mempertahankan citra rasanya?

Gunakan air yang segar, bukan yang telah dipanaskan sebelumnya

Biasanya, ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan untuk memanaskan air terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Kemudian, ketika hendak menyeduh teh, air yang telah dipanaskan sebelumnya direbus kembali.

Sebenarnya, hal ini sangat tidak disarankan. Sebab, ketika kita memanaskan air, maka kandungan mineral yang terdapat di dalam air akan menguap atau hilang. Air yang digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya adalah air segar.

Satu sendok teh untuk satu orang

Untuk yang suka membuat teh langsung dengan daun teh, maka cukup menggunakan satu sendok teh daun untuk dikonsumsi satu orang. Jika menyeduhnya langsung di dalam teko untuk dinikmati 4-6 orang, maka dibutuhkan 4-6 sendok teh daun yang diseduh.

Tidak disarankan untuk menyeduh terlalu banyak dauh teh untuk dikonsumsi. Alasannya, akan membuat rasa teh terlalu kuat dan menghilangkan rasa khas dari tehnya sendiri.  Kalau kamu pecinta kantong teh, maka sebenarnya satu kantong teh dapat diseduh kembali sebanyak 2-3 kali.

Cukup 3 menit!

Jangan terlalu cepat mengangkat daun atau kantong teh dan juga jangan terlalu lama merendam daun atau kantong teh. Biarkan dulu selama 3 menit agar hasil seduhan teh semakin optimal dan lebih berasa.

Hindari menekan kantong teh

Menekan kantong teh dengan maksud memerasnya setelah direndam 3 menit, dapat mengeluarkan kandungan tannins lebih banyak. Tannins sendiri merupakan zat yang terdapat pada teh dan memberikan efek pahit. Ketimbang memerasnya dengan sendok, lebih baik jika langsung mengangkat kantong tehnya.

Selamat mencoba!

About the author

Related Posts