selama kehamilan
Health

Begini Cara Miliki Rambut Indah Selama Kehamilan

Sudah pasti bahwasannya wanita ingin selalu memiliki rambut yang indah, tidak terkecuali ketika mereka memasuki kehamilannya. Namun terkadang hormon yang berubah selama kehamilan, menyebabkan rambut rontok. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa memiliki rambut yang indah dari sebelum, selama, bahkan setelah bayi kita lahir ?

Untuk mengetahui rahasianya, berikut ini adalah cara untuk mendapatkan rambut yang indah menurut seorang konsultan trichologi (ahli rambut) dari United Kingdom, Dr. Iain Sallis, seperti dilansir dari Instyle:

  1. Yang harus Anda lakukan sebelum hamil

Sebelum hamil, pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan nutrisi-nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut Anda. “Kesehatan Anda secara keseluruhan, merupakan kunci dari kualitas rambut yang sehat. Jadi, hindari minuman keras dan rokok, serta pastikan bahwa Anda mendapatkan banyak zat besi, zinc, vitamin B12, dan vitamin D sebelum hamil,” ujar Sallis.

Ia juga menambahkan, ”pastikan juga bahwa dokter Anda memantau kadar zat besi di tubuh secara spesifik, dan konsumsi juga protein yang banyak, karena protein adaah kunci untuk pertumbuhan dan perbaikan rambut agar sehat.”

  1. Yang harus Anda lakukan selama kehamilan

“Makan dengan benar dan teratur berolahraga. Jika rambut Anda mulai rontok, segera kunjungi dokter Anda. karena rambut Anda merupakan barometer kesehatan yang sangat sensitif, sehingga bisa saja mereka menjadi tanda pertama dari rendahnya kadar zat besi dalam tubuh, atau karena ada masalah tiroid,” ujarnya.

(baca juga: 6 Inspirasi Tatanan Rambut Pengantin Ala Seleb Hollywood)

  1. Yang dilakukan setelah Anda melahirkan

“Setelah proses melahirkan (dan semua hal yang menyertainya, seperti kehilangan darah, trauma fisik atau mental), menyebabkan “syok” pada tubuh Anda, sehingga hal ini membuat ibu mengalami telogen effluvium akut atau rambut rontok seusai persalinan, dan biasanya dimulai antara dua atau empat bulan setelah melahirkan,” ujar Sallis.

Walaupun hal ini biasanya akan berhenti tiga bulan setelahnya, tetapi penting bagi Anda untuk mengonsumsi banyak makanan yang mengandung protein dan zat besi, guna menggantikan segala hal yang telah hilang dari tubuh Anda selama selama proses persalinan. Selain itu, dapatkan juga tidur yang cukup agar rambut Anda kembali ternutrisi dengan baik, sehingga Anda pun bisa mendapatkan kembali rambut yang indah.

About the author

Related Posts