Pencernaan yang Kurang Baik
Health

Begini 7 Cara Memperbaiki Pencernaan yang Kurang Baik

Jika memiliki masalah pencernaan yang kurang baik, mungkin seringkali Anda pernah merasakan perut kembung yang terasa tidak enak sama sekali. Hal ini memang menyebalkan ketika sedang terjadi, lalu bagaimana cara untuk menghindari hal tersebut?

Caranya, Anda harus melakukan hal-hal yang bisa mencegahnya sebelum kembung terjadi, seperti tujuh cara di bawah ini yang dilansir dari Purewow berikut ini:

  1. Mulai hari Anda dengan segelas air lemon hangat

Meminum segelas air lemon hangat di pagi hari dapat membantu merangsang saluran pencernaan Anda, sehingga membuat tubuh menjadi lebih baik dalam menyerap nutrisi, serta memudahkan makanan yang sudah dicerna untuk melintas disepanjang saluran pencernaan Anda.

  1. Tetap terhidrasi dengan cara yang benar

Anda pasti sudah tahu bahwa minum air putih sepanjang hari memang baik untuk keseluruhan fungsi pencernaan Anda.  Namun, apakah Anda juga tahu bahwa sebenarnya ada cara yang tepat agar tubuh tetap terhidrasi? Caranya, daripada meminum air putih dalam jumlah banyak sekaligus (yang justru bisa membuat shock sistem pencernaan Anda dan akhirnya menyebabkan perut jadi lebih terasa kembung), lebih baik minum air putih dengan jumlah yang stabil sepanjang hari.

  1. Konsumsi makanan penuh air

Selain meminum air putih untuk menjaga fungsi pencernaan, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang sarat dengan air, seperti semangka dan mentimun.

(Baca juga: Inilah 4 Cara Mudah Minum 8 Gelas Air Setiap Hari!)

  1. Pisang

Buah ini kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat mengurangi retensi air dan rasa kembung, sehingga fungsi pencernaan Anda pun tetap terjaga dengan baik.

  1. Makan dengan kesadaran penuh (mindful eating)

Jika Anda makan secara terburu-buru dalam waktu tiga menit, maka Anda pun juga ikut menelan satu ton udara ke dalam tubuh, sehingga akhirnya dapat menyebabkan perut kembung. Lebih baik, kunyah perlahan dan nikmati setiap kunyahan tersebut untuk menghindari perut kembung. Selain itu, hindari juga makan permen karet setelah makan siang, karena mereka memiliki efek yang sama dengan makan secara terburu-buru.

  1. Lakukan yoga sedikit

Melakukan sedikit gerakan yoga dapat meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan Anda, serta dapat menyingkirkan racun penyebab sembelit dari organ-organ internal Anda.

  1. Terakhir, berikan pijatan pada perut Anda

Sebuah studi yang dilakukan oleh Umea University di Swedia, menemukan bahwa pijatan pada perut dapat meningkatkan aliran darah, merelakskan otot-otot, mengurangi kembung, dan sangat baik untuk dilakukan juga ketika kram perut saat haid sedang terjadi.

Caranya, tidur telentang terlebih dahulu, lalu letakkan tangan kanan Anda di atas tangan kiri, kemudian gerakkan kedua tangan searah jarum jam ke sekitar perut Anda. Mulai dari tulang pinggul sebelah kanan kemudian ke tulang rusuk, lalu lanjutkan hingga kedua tangan turun ke pinggul kiri Anda. Pijat dengan lembut dan perlahan, serta ulangi sebanyak sepuluh kali.

(Baca juga: Wanita, Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengurangi Kecemasan)

About the author

Related Posts