bau mulut
Beauty, Health

Hindari Bau Mulut Setelah Bangun Tidur!

Ciuman mesra setelah bangun tidur cuma terjadi di film saja. Tapi kenyataannya, ada hal lain yang perlu dihadapi: bau napas di pagi hari. Bau mulut menjadi alasan utama mengapa kita berusaha untuk mengindari berbicara dengan orang dari jarak yang dekat, terutama di pagi hari. Pasalnya, beberapa orang tidak langsung menggosok gigi saat pagi hari.

Menurut prostodontis asal Manhattan, New York Mazen Natour, sebagian besar alasan orang bernapas bau saat pagi hari karena produksi air liur saat tidur berkurang. Padahal air liur berfungsi untuk membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Oleh karena itu, saat produksi air liur bekurang, bakteri penyebab bau mulut akan cepat berlipat ganda.

Baca juga: Tips Seru Jalan-Jalan Di Pasar Tanah Abang

Jadi semakin kering mulut, semakin tinggi pula kemungkinan mulut berbau “naga” di pagi hari. Bernapas melalui mulut, tidur mendengkur, atau menggunakan obat tertentu juga memungkinkan terjadi kekeringan pada mulut. Hal ini tentu akan membuat napas pagi menjadi lebih buruk.

Dalam beberapa kasus, bau “naga” ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun tentu ada kondisi tertentu di mana bau mulut bisa menunjukkan bahwa ini masalah kesehatan yang serius. Kondisi ini bisa menandakan bahwa ini penyakit infeksi gusi, yang mungkin terkait dengan penyakit jantung atau stroke.

Bau mulut juga bisa mengindikasikan adanya infeksi seperti abses atau masalah gastrointestinal, kata Natour. Jika bau mulut sudah memburuk dan parah, Natour menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Begini Cara Menyemprot Wewangian yang Benar

Untuk menghindari napas bau di pagi hari, menyikat gigi dan membersihkan mulut dengan benar sebelum tidur adalah tindakan preventif paling utama. Ini karena sisa makanan bisa memberi lebih banyak bakteri berkembang biak di mulut dalam waktu semalam.

“Sikat gigi dua sampai tiga menit dan sikat lidah. Jika tidak, Ini membuat lebih dari setengah bakteri penyebab bau mulut bisa tumbuh di lidah,” katanya.

Selain itu, Natour juga menyarankan untuk membersihkan gigi juga dengan menggunakan obat kumur bebas alkohol. Jika ingin memastikan bebas dari masalah gusi, abses, gigi berlubang, maka Anda harus rutin ke dokter gigi.

About the author

Related Posts