Entertainment

Cegah Baper di Tempat Kerja? Simak Tips Ini

Istilah baper (bawa perasaan) yang belakangan ini viral di kalangan anak muda dan kaum professional sering kali diasosiasikan dengan perasaan suka terhadap lawan jenis. Namun, tidak melulu tentang cinta, di tempat kerja pun bisa terjadi ke staff maupun ke direktur.

Tak jarang kita terlalu memasukan kata-kata kasar atau makian rekan kerja ke dalam hati dan bahkan sampai ke kehidupan personal.

Perlu diingat bahwa kejadian semacam itu, tidak seharusnya terjadi. Bagaimanapun juga, rasa sedih di tempat kerja akan merusak mood sepanjang hari dan menurunkan produktivitas.

Jika Anda merasa terlalu sensitif, bagaimana cara menanganinya agar pekerjaan Anda di kantor tidak terganggu?

Berikut adalah tips dari Marie Forleo seperti dikutip dari themuse.com.

Say No Baper

Bentengi diri dengan cara terus memotivasi diri dan bicara sendiri untuk dirimu. Jika mulai terkesan dengan sikap dari salah satu rekan kerja, senyumlah walau hati meleleh. Katakan secara terus menerus,

“Ini biasa saja, biasa saja, semua akan baik-baik saja….”

Jika ternyata hanya perhatian sementara, selamat kamu berhasil tidak terjebak pada ke-baper-an dan jika memang perhatian itu benar, tenang saja. Senyum yang kamu berikan masih akan tetap memberi harapan kepadanya kok. Senyum ya.

Baiklah Kids, itu beberapa hal yang bisa diulas untuk Menghindari “Baper” Di Tempat Kerja, GudLak Kids!

Baca Juga  : Yakin Cara Anda Keramas Sudah Benar? Ini Langkah-langkahnya

Start your day smart

Mulailah hari Anda secara cerdas. Bagaimana caranya? Salah satu kuncinya adalah : fokus. Sebelum memulai hari yang baru pastikan bahwa Anda tahu apa yang harus Anda lakukan. Dengan demikian Anda bisa mengontrol kegiatan Anda.

Fokuslah pada kegiatan yang benar-benar penting untuk Anda dan menumbuhkan perasaan positif bagi Anda. Dengan penjadwalan tersebut, Anda tidak akan terjebak dalam situasi “tidak tahu harus melakukan apa” yang potensif menimbulkan peluang Anda merasa dijatuhkan oleh energi negatif rekan-rekan kerja Anda.

Mempertimbangkan Sumber

Ketika Anda mendengar perkataan atau melihat perbuatan teman Anda yang membuat Anda sakit hati, jangan langsung memasukkan perkataan mereka ke dalam hati. Akan tetapi, diamlah beberapa saat dan renungkan, mengapa orang tersebut bisa mengeluarkan kata-kata yang tidak menyenangkan.

Cara ini cukup efektif untuk menangkal segala jenis situasi tidak nyaman yang diciptakan orang lain terhadap kita.

Tidak melulu semua kesalahan adalah tentang mereka melainkan bisa jadi diri. Renungkanlah dan bersikaplah positif dengan selalu berani berkata, “I’ll do better”.

Hilangkan Mental Drama

Jika Anda terlanjur baper rasakan sensasi kesakitan “fisik”nya, tetapi jangan menggunakan mental drama. Seperti saat kaki Anda tersandung meja, Anda akan berteriak kesakitan, tetapi setelah rasa sakit itu pergi, Anda tidak lantas memainkan drama dengan menyalahkan kaki meja atau siapa pun yang manaruh meja di tempat tersebut.

Sama halnya dengan rasa sakit yang disebabkan oleh orang lain, rasakan sakitnya, kemudian Anda hitung sampai lima dan berlakulah cuek pada perkataan tersebut.

About the author

Related Posts