Entertainment

Baliem, Festival dari Indonesia yang Mendunia

Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki sebuah festival yang mendunia ?

Festival Lembah Baliem, sebuah Festival dari Indonesia yang Mendunia tentang pertarungan antar suku Dani, Lani, dan Yali. Festival ini memperlihatkan sebuah  simulasi perang dan pertunjukan tarian. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk dinikmati.Baliem, Festival dari Indonesia yang Mendunia

Festival Lembah Baliem berlangsung selama tiga hari dan diselenggarakan setiap bulan Agustus dan biasanya bertepatan dengan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.  Kabarnya Festival ini akan diadakan kembali tahun ini pada tanggal  7 – 11 Agustus 2017. Festival Lembah Baliem  berlangsung di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

(Lihat juga: Bukan Swiss, Tempat Ini ada di Taman Nasional Lorentz, Papua)

Awal pertama kali digelar pada tahun 1989. Hal yang istimewa bahwa festival ini dimulai dengan skenario pemicu perang seperti penculikan warga, pembunuhan anak suku, atau penyerbuan ladang yang baru dibuka.

Puncak acara adalah pertempuran antara Suku Dani, Yali, dan Lani, saat mereka mengirim prajurit terbaiknya ke arena perang mengenakan tanda-tanda kebesaran. Festival ini dimeriahkan dengan pesta babi yang dimasak di bawah tanah disertai musik dan tari tradisional khas Papua. Ada juga seni dan kerajinan buatan tangan yang dipamerkan atau untuk dijual.

Baliem, Festival dari Indonesia yang MenduniaFestival ini sangat ditunggu-tunggu oleh banyak turis mancanegara khususnya pencinta fotografi. Mereka berbondong-bong datang ke sana untuk melihat langsung pertunjukkan. Festival ini seringkali dijadikan sebagai objek foto utama yang paling dicari fotografer.

Namun ada rumor yang mengatakan jika mengambil foto di sana, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk membayar kepada para Suku Dani. Hal itu berawal karena banyak turis mancanegara yang prihatin terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat wamena.

About the author

Related Posts