Merokok
Trending Articles

Bahaya Merokok Sambil Berkendara Motor Bagi Mata

Selain membahayakan diri sendiri karna hilang fokus, merokok saat berkendara juga membahayakan para pengendara lain. bara api dari rokok yang masuk ke mata dapat berakibat fatal untuk kesehatan mata.

Para pengendara baik itu mobil atau motor yang nekat merokok saat berkendara akan dikenakan denda. Itu dilakukan pihak kepolisian merujuk pada UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 283.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan atau denda paling banyak Rp 750 ribu,” begitu bunyi UU no.22 Tahun 2009 Pasal 283.

Baca juga: Setelah Glass Skin, Kini Cloudless Skin Jadi Tren Kecantikan Di Korea 

Apa aja sih penyebab kerusakan mata yang membahayakan dari bara api rokok? mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

Mata berair

Saat abu rokok masuk dalam mata pengendara lainnya, maka mata akan terasa perih, berair, mengganjal dan merah. Hal ini tentunya selain mengganggu kesehatan, juga akan mengakibatkan konsentrasi yang menurun saat berkendara.

Kornea mata

Efek mata terkena bara api rokok dapat menimbulkan kerusakan kornea mata yang disebut sebagai trauma thermis. Kondisi ini bisa berupa derajat yang ringan berupa pandangan mata kabur dan merah, hingga derajat berat berupa kebutaan.

Luka bakar

Di samping dampak buruk pada bola mata secara langsung, efek dari paparan bara rokok juga bisa melukai kulit kelopak mata hingga menimbulkan luka bakar. Akibatnya, kulit akan terasa perih, mata seperti ada yang mengganjal.

Yakin masih mau merokok sambil berkendara, guys?

 

 

About the author

Related Posts