atasi-flu-tanpa-obat
Health

Atasi Flu Tanpa Obat

Kalau sudah kena sakit flu, batuk, dan pilek, aktivitas sehari-hari pasti akan sangat terganggu. Badan tidak nyaman dan rasanya sakit semua. Apalagi kalau saat sakit itu masih banyak pekerjaan yang belum terselesaikan.

Agar cepat sembuh dari sakit flu, memang kita perlu langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapat obat dan penanganan yang tepat.

Tapi selain itu, ada empat tips lain yang bisa dicoba agar bisa lebih cepat sembuh dan pulih dari sakit flu. Yuk, langsung kita simak satu per satu tipsnya di sini.

Selalu Penuhi Kebutuhan Cairan Setiap Hari
Saat sedang sakit, biasanya kita tidak selera makan dan minum. Tapi tubuh tetap butuh cairan yang cukup agar bisa berfungsi normal.  Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh bisa membantu proses mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mencegah dehidrasi karena diare atau muntah.

Tak hanya itu saja, tercukupinya cairan juga bisa mencegah konstipasi dan mencegah tubuh kehilangan elektrolit. Apalagi kalau kamu demam, kebutuhan cairan tubuh wajib dipenuhi agar cepat sembuh.

Perbanyak Istirahat
Jangan memaksakan diri untuk bekerja atau beraktivitas kalau tubuh sudah sakit. Berikan waktu lebih banyak untuk tubuh beristirahat agar sistem imun tubuh bisa bekerja maksimal mengatasi virus penyebab pilek dan batuk. Setidaknya penuhi kebutuhan tidur 7-8 jam per harinya agar cepat pulih.

Penuhi Kebutuhan Vitamin
Vitamin C, D, dan zinc sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan tubuh. Vitamin C memiliki efek anti virus yang kuat, vitamin D bisa mempercepat proses kesembuhan, dan mencegah penyakit kambuh lagi.

Sementara zinc bisa berfungsi untuk mencegah virus flu berkembang. Asupan vitamin ini bisa didapat dari suplemen, minyak hati ikan kod, dan lain sebagainya.

Minum Cairan Kaya Elektrolit
Elektrolit seperti kalium dan sodium merupakan senyawa penting dalam tubuh yang bisa memaksimalkan kinerja fungsi sistem organ tubuh. Saat kebutuhan elektrolit terpenuhi, kadar pH bisa seimbang dan fungsi otot serta pengeluaran racun bisa berjalan optimal.

Beberapa jenis minuman kaya elektrolit, antara lain air kelapa dan oralit. Selain minuman, buah seperti pisang juga mengandung elektrolit yang baik untuk proses kesembuhan.

About the author

Related Posts