News

Asian Games 2018, Museum Olahraga Bakal Jadi Magnet Baru Stadion GBK

Komplek Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta juga berbenah dan ternyata akan memberikan kejutan bagi rakyat Indonesia dan wisatawan mancanegara. Di kompleks GBK nantinya akan dilengkapi museum olahraga baru yang modern seluas 4.000m persegi. Dan diharapkan selesai menjelang Asian Games 2018.

“Pendirian museum olahraga di Gelora Bung Karno akan diperkuat dengan perencanaan dan kajian matang dan mendalam. Agar menjadi kebanggaan masyarakat olahraga di Tanah Air,” ujar Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta.

Namun untuk Museum Olahraga Nasional di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak akan dihilangkan. Museum Olahraga Taman Mini Indonesia Indah yang diresmikan Presiden Soeharto pada 20 April 1989, menempati areal seluas 1,5 hektar. Ini akan tetap berfungsi sebagai museum yang khusus untuk jenis olahraga tradisional dan rekreasi.

Sementara museum di GBK khusus untuk cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan di berbagai multi event internasional.

Sebagai etalase perjalanan sejarah olahraga nasional, museum olahraga yang akan menempati salah satu bagian Stadion Utama tersebut akan hadir dengan kombinasi tata warna, seni instalasi, desain interior kontemporer, hingga teknologi multi media.

Baca Juga : Gubernur Jakarta dan PT Pos Indonesia Luncurkan Perangko Khusus Asian Games 2018

Museum ini akan dibuat semenarik mungkin agar masyarakat berminat untuk berkunjung. Seperti halnya Museum Angkut di Batu, Malang, Jawa Timur yang diserbu ribuan pengunjung setiap hari.

Museum Olahraga di GBK nantinya diharapkan bisa dikelola dengan baik seperti museum di Taiwan atau museum Olimpiade yang ada di Lausanne, Swiss yang sangat canggih dan menjadi salah satu tujuan wisata turis mancanegara.

Museum Olahraga Nasional sebagai salah satu unit pelaksana teknis di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga terus berbenah agar bisa menjalankan fungsi sebagai wadah untuk menyimpan, merawat, melestarikan dan memamerkan prestasi anak bangsa dibidang olahraga.

Museum Olahraga Nasional terus berbenah dan siap menjadi daya tarik baru dengan menempati lokasi baru yang megah dan strategis di kawasan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Namun pembangunan museum olahraga khusus prestasi atau cabang olahraga Olimpiade di Senayan diharapkan juga tidak membuat Museum Olahraga di TMII menjadi terlantar.

Menurut kepala Museum Olahraga Nasional, Museum Olahraga ini sebagai bagian penting dalam perjalanan sejarah dunia olahraga sehingga memindahkannya ke kawasan GBK yang strategis dan jantung kegiatan olahraga nasional adalah strategi yang sangat bagus, agar mudah diakses dan pusat kegiatan olahraga seperti di kawasan Senayan.

Baca Juga : Food Truck Bakal Sajikan Makanan Gratis di Asian Games 2018

Museum Olahraga memiliki nilai historis tinggi dan menyimpan benda bersejarah dalam perjalanan olahraga Indonesia, termasuk sejarah Asian Games dan sudah pantas ditempatkan di Komplek GBK.

Relokasi dan modernisasi Museum Olahraga di Komplek GBK pun sudah mendapat dukungan banyak pihak, termasuk Wakil Presiden Komite Olimpiade Asia (OCA) Rita Subowo dan pakar olahraga Sri Sudono Sumarto.

Mereka berharap Museum Olahraga bisa menjadi ikon dan destinasi wisata olahraga, serta ikut menyemarakkan Asian Games 2018

Untuk program jangka panjang, Museum Olahraga diharapkan tidak hanya menyimpan benda bersejarah. Tapi juga menjadi sarana edukasi tentang olahraga yang bisa dilengkapi dengan restoran, kafe dan fasilitas modern lainnya.

Siap-siap mengunjungi Museum Olahraga ini ya saat ke Jakarta dan mengunjungi kompleks Gelora Bung Karno (GBK) nanti. Pasti akan jadi kunjungan yang seru lho!

About the author

Related Posts