Indonesia
Sports

Asian Games 2018, Indonesia Target Masuk 10 Besar

Indonesia ditargetkan masuk 10 besar sebagai tuan rumah pada penyelenggaraan Asian Games 18 Agustus-2 September 2018.

“Kami mengharapkan negara kita mampu meraih prestasi sebaik-baiknya, tetapi setidaknya masuk 10 besar. Pada Asian Games Incheon 2014 negara kita masuk peringkat ke-17. Jadi, jika ingin naik level harus masuk 10 besar,” ucap Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengatakan persiapan Asian Games bukan sekadar pekerjaan pemerintah, tetapi juga masyarakat Indonesia.

“Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) harus bekerja ekstra keras untuk menyiapkan segala fasilitas,” ucap Jusuf Kalla.

“Kami punya dua misi selain sukses penyelenggaraan juga sukses prestasi karena kami tidak ingin membuat masyarakat kecewa. Oleh karena itu, persiapan penyelenggaraan dan atlet lewat satlak prima perlu ditingkatkan,” terang Jusuf Kalla.

Indonesia terakhir kali menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962.

“Hal ini mengulang momen baik bagi Indonesia, yaitu merenovasi inftrastruktur yang monumental. Kami juga ingin melahirkan atlet legenda bagi anak muda zaman sekarang. Seperti Sarengat yang selalu diingat,” terang Jusuf Kalla.

Wakil Presiden Dewan Kehormatan Komite Olimpiade Asia (OCA), Wei Ji Zhong menilai atmosfer peluncuran maskot Asian Games berlangsung cukup baik.

“Tetapi atmosfer yang bagus tidak cukup. Kalian perlu mengakselerasi persiapan,yaitu persiapan penyelenggaraan, kedua persiapan untuk menciptakan performa terbaik atlet Indonesia dalam Asian Games mendatang. Keduanya harus berjalan bersama,” kata Ji Zhong.

Ji Zhong mengatakan OCA akan terus melakukan proses pendampingan kepada Indonesia dalam persiapan Asian Games.

“Jakarta merupakan tuan rumah utama, tetapi pada sisi lain kita tidak bisa melupakan Palembang yang siap menggelar semua cabang olahraga,” ucap Ji Zhong.

Namun, ia mengingatkan agar persiapan infrastruktur disegerakan.

“Persiapan infrastruktur tidak bisa menunggu karena jika semakin lama dikerjakan, maka pengeluaran setiap tahun akan semakin tinggi. Jadi, ini merupakan hal yang sifatnya mendesak untuk dikerjakan,” kata Ji Zhong.

(baca juga: Palembang Akan Siapkan Sentra Kuliner Untuk Sambut Asian Games 2018)

About the author

Related Posts