Entertainment

Arini Subianto Wanita Terkaya di Indonesia, Antara Hobi dan Sederet Jabatan Penting

Majalah Forbes baru-baru ini merilis daftar orang terkaya di Indonesia bertajuk Indonesia’s Rich List. Di dalam daftar tersebut terdapat dua wanita yang merupakan wanita terkaya di Indonesia. Salah satunya adalah Arini Subianto

Ia menempati peringkat 37 dari 50 orang terkaya di Indonesia mengalahkan urutan lainnya yang mayoritas adalah laki-laki.

Harta kekayaan wanita yang akrab disapa Nin ini menurut Forbes mencapai 820 juta USD atau sekitar Rp 11,07 triliun. Kekayaan wanita berambut pendek ini berasal dari minyak sawit dan batu bara yang diwarisi oleh ayahnya yang seorang pengusaha, Benny Subianto.

Arini tampaknya total masuk ke dunia bisnis menggantikan peran sang ayah, Benny Subianto yang meninggal dunia pada 4 Januari 2017.

Saat masih hidup, Benny pernah mengungkapkan keinginannya agar satu dari tiga putrinya bisa mengambil alih bisnisnya. Keinginannya tersebut dipenuhi oleh putri tertuanya yakni Arini Saraswaty Subianto

Baca Juga : Begini Kiprah Erick Thoris Sukseskan Asian Games 2018

Setelah Benny tutup usia pada 4 Januari 2017, Arini serta merta mengambil alih kendali Persada yang ditaksir bernilai jutaan dolar.

Arini saat ini menjabat sebagai direktur utama perusahaan induk milik keluarga, PT Persada Capital Investama. Ia mengawasi segala bentuk investasi perusahaan tersebut mulai dari produk pengolahan kayu dan minyak sawit hingga pengolahan karet dan batu bara.

Portofolio Persada sendiri mencakup 5% saham PT Astra International Tbk. dan sekitar 12% saham raksasa batubara, PT Adaro Energy Tbk.

Dikenal memiliki kecintaan yang besar pada buku-buku dan hadiah, wanita berusia 46 tahun ini memiliki dua anak. Pada tahun 2003, Arini menggabungkan toko kado dan furniturnya di Jakarta dengan toko buku Aksara yang didirikan salah satu teman sekolahnya.

Kini, sederet jabatan di berbagai perusahaan kelas kakap dilakoni oleh wanita kelahiran tahun 1970 ini, beberapa jabatan baru didudukinya sejak Benny meninggal dunia :

1. Direktur Utama Persada Capital Investama. Ini merupakan perusahaan milik keluarga Subianto yang memiliki investasi di berbagai sektor, seperti pengolahan kayu dan minyak sawit, sampai pengolah karet dan batubara. Dia menjabat sejak Januari 2017.

2. Komisaris PT Adaro Energy Tbk (ADRO), yang merupakan salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia.

3. Komisaris di PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) sejak Maret 2017. Dharma Satya merupakan perusahaan yang bergerak di bisnis kelapa sawit hingga pengolahan kayu.

4. Owner Aksara, toko buku yang Arini dirikan pada 2011. Toko buku ini memiliki kekhususan menyediakan buku-buku impor yang jarang terdapat di Jakarta.

About the author

Related Posts