laila sari toptier_id
Entertainment, Health

Penyakit Paru Apa yang Menjadi Penyebab Kematian Laila Sari?

Artis senior Laila Sari tutup usia Senin (20/11) lalu di kediamannya di Jakarta Barat. Berdasarkan saudara terdekatnya, Laila sempat mengeluh soal rasa sesak karena kesulitan untuk bernapas.

Berdasarkan salah satu dokter dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Frans Abednego Barus, Laila Sari kemungkinan mengalami penyakit paru obstruktif kronik. Kondisi ini rentan terjadi pada mereka yang lanjut usia.

Penyakit paru obstruktif kronik merupakan penyakit organ paru karena terhambat atau terjadi penyempitan pada saluran pernafasan selama bertahun-tahun. Hal ini biasanya ditandai dengan batuk lebih dari 3 bulan, sesak nafas, berdahak, nafas bunyi, dan rasa tidak nyaman di pada dada.

Baca juga: Kapan Benjolan Setya Novanto Bisa Sembuh?

Frans juga mengungkapkan bahwa ada besar kemungkinan penyumbatan itu telah terjadi bertahun-tahun sehingga membuat otot paru kolaps. “Namanya eksaserbasi. Gejalanya seperti serangan asma. Saluran (napas) jadi sempit dan makin sempit. Akhirnya, banyak dahak hingga terjadi gagal napas,” katanya.

Di sisi lain dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Kasim Rasjidi mengatakan bahwa penyakit paru obstruktif kronik bisa menjadi salah satu pemicu sakit jantung.

“Jika penyakit paru ini berlangsung lama, maka para penderita bisa mengidap penyakit jantung. Penyempitan ini bisa membebani jantung kanan yang berfungsi mengalirkan darah ke paru-paru. Kemudian, terjadi komplikasi,” kata Kasim.

Jika penyakit paru ini telah merusak jantung, gejalanya adalah rasa lelah, sesak nafas, batuk, nyeri dada, batuk berdarah, gejala syaraf seperti kurang konsentrasi, pelupa, depresi dan jantung berdebar-debar. Selain itu Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksikan bahwa tahun 2020 penyakit paru ini akan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

About the author

Related Posts