kimchi
Food

Apa Itu Kimchi? Sampai Google Pun Ikut Merayakannya

Halaman utama Google hari ini, Rabu (22/11/2017) menampilkan doodle berupa sayur-sayuran berikut bumbu bahan masakan. Semuanya dirangkai membentuk tulisan Google.

Ketika diklik, pengunjung akan dibawa ke situs hasil pencarian tentang Kimchi. Apa itu Kimchi? Kimchi adalah makanan tradisional Korea yang terdiri atas sayuran yang difermentasi dan diberi bumbu pedas.

Lantas, mengapa Google menampilkan doodle Apa itu Kimchi di halaman utama mereka hari ini. Ternyata, pada 22 November 2017 diperingati sebagai Kimchi Day’ atau Perayaan Kimchi di Korea.

Menurut tradisi Korea, jika mereka mulai menggarami Kimchi pada hari ini, maka Kimchi buatannya akan memiliki rasa luar biasa.

Laman Wikipedia berbahasa Indonesia menulis Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Kimchi pertama kali ditemukan di Korea sekitar 2.600-3.000 tahun yang lalu. Pada Abad ke-18, untuk pertama kalinya Kimchi difermentasi dengan menggunakan bumbu pedas. Karena merupakan resep tradisional, ada ratusan jenis kimchi yang berbeda di berbagai daerah.

Kimchi ternyata bukan hanya lezat untuk menjadi teman santapan berbagai hidangan. Namun dibalik sayuran terfermentasi ini ternyata tersimpan sejumlah manfaat yang sangat luar biasa.

Seperti dilansir organicfacts, berikut ini adalah manfaat mengejutkan dari Kimchi:

1. Bernutrisi Tinggi

Kimchi bermanfaat untuk kesehatan, karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Diketahui, Kimchi rendah kalori, berserat tinggi. Makanan fermentasi ini kaya akan vitamin A, B1, B2, hingga vitamin C. Kimchi juga kaya akan asam amino, dan mineral seperti zat besi, dan juga kalsium.

2. Mengatur Kolesterol

Rutin mengonsumsi Kimchi dapat berdampak baik pada kadar kolesterol. Bawang putih yang digunakan untuk fermentasi Kimchi, kaya akan selenium dan Allicin. Selenium diketahui merupakan komponen unggulan yang membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga membantu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

3. Bersifat Antioksidan

Kimchi kaya akan antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan yang dimiliki Kimchi membuatnya memberikan efek perlindungan terhadap kerusakan oksidatif, dan juga melindungi tubuh dari efek berbahaya radikal bebas.

Baca Juga : Dilarang Keras Panaskan 5 Makanan Ini

4. Menurunkan Berat Badan

Kimchi juga merupakan sumber bakteri lactobacillus sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Bakteri baik ini juga membantu menurunkan berat badan, dengan mengendalikan nafsu makan, serta mengurangi kadar gula darah.

Kandungan serat dalam Kimchi membuat tubuh anda kenyang, dan mencegah Anda untuk makan berlebih.

5. Anti Penuaan

Manfaat berharga lainnya yang diberikan Kimchi adalah ia berkontribusi pada kualitas anti penuaan. Hal ini karena adanya kandungan antioksidan dan vitamin C yang dimilikinya. Sebuah studi menunjukkan bahwa Kimchi mengurangi stres oksidatif dalam sel, dan menghambat peroksidasi lipid (kelompok molekul alami dalam tubuh) sehingga memperpanjang umur tubuh.

About the author

Related Posts