Health

Inilah 7 Aktivitas Sederhana yang Ternyata Berbahaya

Berbagai aktivitas rutin sehari-hari sering dilakukan manusia. Namun tahukah anda jika ada beberapa aktivitas sederhana yang ternyata berbahaya ? Jika belum mengetahuinya, berikut tujuh aktivitas yang harus dilakukan dengan hati-hati :

  1. Menyikat gigi terlalu sering

Menurut sebuah studi oleh periodontist Greg Diamond dari New York, sisa makanan yang menempel pada gigi setelah makan meninggalkan asam yang dapat melemahkan enamel. Oleh sebab itu, anda tidak dianjurkan untuk menyikat gigi setelah makan karena kondisi enamel masih lemah. Jika anda tidak merasa nyaman, anda bisa mengatasinya dengan berkumur setelah makan dan cukup sikat gigi 2 kali sehari pada pagi dan malam.

  1. Makan terlalu cepat

Seiring berkembangnya zaman, manusia semakin dituntut untuk bergerak cepat termasuk cara makan. Makan tergesa-gesa memang mempersingkat waktu, namun ternyata hal itu berbahaya bagi kesehatan tubuh.  Makan tergesa-gesa mengakibatkan otak anda tidak sempat mengirim sinyal kepada sistem percernaan.

Alhasil, anda pun akan mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Dalam jangka panjang, berat badan anda akan meningkat drastis. Oleh sebab itu, cobalah untuk meluangkan waktu untuk mengunyah makanan anda sedikit demi sedikit sambil meminum air putih.

  1. Minum dengan sedotan

Siang hari memang nikmat saat minum dingin dan segar. Minuman dingin identik dengan menggunakan sedotan. Namun tahukah anda jika menggunakan sedotan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh ? Karena saat manusia meminum menggunakan sedotan terdapat udara yang masuk ke dalam perut anda yang bisa menyebabkan perut kembung.

  1. Tidur tengkurap

Setiap orang memiliki posisi tidur yang berbeda, dari terlentang, miring, maupun tengkurap. Namun ternyata dari semua posisi tidur tersebut, posisi tengkurap yang paling berbahaya.

Karena tidur tengkurap hanya akan memicu munculnya lipatan di sekitar hidung, mata, mulut dan pipi anda. Seiring pertambahan usia, anda akan kehilangan banyak kolagen di lapisan kulit anda sehingga lipatan-lipatan tersebut tidak bisa kembali normal dan menjadi kerutan permanen.

  1. Menggunakan sepatu hak tinggi atau terlalu datar

Penggunaan sepatu merupakan cerminan diri seseorang. Seiring berkembangnya era modern, gaya sepatu pun juga semakin bervariasi. Penggunaan sepatu hak tinggi sangat disenangi kaum hawa, namun ternyata hal itu sangat tidak disarankan. Karena mengenakan sepatu hak setiap hari hanya akan membuat punggung anda melengkung dan menekan persendiaan anda. Begitu juga dengan sepatu yang terlalu datar.

  1. Kumur-kumur setelah gosok gigi

Kebiasaan gosok gigi merupakan hal yang baik untuk kesehatan. Namun banyak yang tidak tahu bahwa kumur-kumur setelah gosok gigi bisa menimbulkan dampak bahaya. Menurut penelitian seluruh fluoride yang dibutuhkan oleh gigi akan langsung menghilang bila Anda langsung kumur-kumur setelah menggosok gigi. Karena flouride sendiri sesungguhnya bersifat racun bagi tubuh. Untuk itu cara terbaik mempertahankan fluoride yang cukup untuk gigi adalah membersihkannya dengan sedikit air. (Baca juga: 7 Khasiat Kacang Untuk Kesehatan dan Kecantikan)

  1. Menggunakan celana ketat

Menggunakan celana ketat memang membuat kaki lebih terbentuk dan terlihat langsing. Namun banyak yang belum tahu bahwa penggunaaan celana ketat sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seringnya penggunaan celana ketat dapat menghambat peredaran darah yang mengalir di kaki. Alangkah baiknya jika penggunaan celana ketat di kurangi dengan menggunakan celana yang sedikit longgar atau untuk kaum hawa beralihlah menggunakan rok.

About the author

Related Posts