air minum kemasan
Health

Mencari Air Minum Kemasan yang Layak Konsumsi

Setiap orang tentu membutuhkan air tiap harinya. Biasanya untuk menghemat pengeluaran, orang membawa air minum sendiri dari rumah.

Tapi tidak jarang orang membeli minuman kemasan karena masalah kepraktisan. Tidak heran jika banyak merek air minum kemasan yang diperjualbelikan untuk memenuhi kebutuhan air tiap harinya.

Lalu, apakah minuman kemasan itu layak minum?

Menurut salah satu dokter dari asosiasi Ikatan Dokter Indonesia Ulul Albab, tidak semua air mineral kemasan baik untuk dikonsumsi.

“Sekarang tidak semua komposisi air kemasan sesuai dengan yang tertera pada kemasannya. Air kemasan sumber mata airnya di mana. Kan kita nggak tahu juga,” ujar Ulul setelah salah satu acara di kawasan Kebayoran Baru baru-baru ini.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat Beli Celana Dalam Baru?

Ulul menyarankan para pembeli minuman kemasan untuk teliti mencari tahu asal-usul air mineral tersebut. Biasanya, hal ini berhubungan dengan kandungan mineral yang ada di dalamnya.

“Iseng-iseng saja cek. Apakah air ini bagus nggak, sumbernya dari mana, bla bla bla,” tambahnya.

Selain itu, kita juga perlu untuk memeriksa keadaan fisik air kemasan tersebut. Apakah mereknya palsu atau tidak. Kemudian perhatikan kualitas airnya dengan melihat indikasi warna, bau, dan rasa.

“Air yang baik itu tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa. Tidak ada bakteri satu pun, pHnya ideal, tidak mengandung logam berat, plus kalau tambahan dari WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) mineralnya ada di sana,” imbuh Ulul.

About the author

Related Posts