BERSATU DALAM KEBERAGAMAN

Republik Indonesia adalah kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau tropis besar dan kecil yang dikelilingi oleh pantai berpasir putih, sebagian besar masih banyak yang belum berpenghuni dan beberapa diantaranya bahkan masih belum mempunyai nama. Indonesia berada di tengah garis khatulistiwa, terletak di antara benua Asia dan Australia dan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, luasnya seperti Amerika Serikat dari San Francisco sampai New York, menyamai jarak antara London dan Moskow. Indonesia memiliki populasi lebih dari 215 juta orang dari lebih 200 kelompok etnis. Bahasa nasionalnya adalah bahasa indonesia.

Pulau-pulau yang paling terkenal di Indonesia antara lain adalah Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan (dahulu bernama Borneo), Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Papua. Kemudian, ada Bali “pulau dengan resort terbaik di dunia” dengan budaya, pantai, tarian dan musiknya yang mempesona. Tapi Indonesia masih memiliki banyak pulau yang belum dijelajahi dengan pemandangan pegunungan yang indah, hutan hujan yang bisa dilalui, ombak ombak untuk berselancar dan laut murni yang biru kehijauan untuk menyelam di mana seseorang dapat berenang dengan dugong, lumba-lumba dan mantarays besar.

Karena lokasinya, dan geologi, Indonesia diberkati dengan lanskap yang paling beragam, mulai dari lahan sawah yang subur di Jawa dan Bali hingga hutan hujan lebat di Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, hingga padang rumput savana di kepulauan Nusatenggara sampai puncak salju yang tertutup di Barat Papua.

Indonesia yang juga kaya akan margasatwanya, dimulai dari Komodo hingga Orang Utan dan badak Jawa, ada juga kerbau anoa di Sulawesi, hingga burung dengan bulu indah seperti kakatua dan burung cendrawasih. Indonesia juga merupakan habitat dari bunga Rafflesia yang terbesar di dunia, anggrek liar, berbagai rempah-rempah yang menakjubkan, kayu aromatik dan berbagai macam pohon buah. Di bawah air, para ilmuwan telah menemukan di Sulawesi Utara ikan coelacanth prasejarah, ikan “fosil hidup” yang telah hidup sekitar 400 juta tahun yang lalu, sementara paus bermigrasi setiap tahun melalui perairan ini dari Kutub Selatan. Inilah sebabnya terdapat ratusan spesies karang berwarna dan ikan tropis untuk dikagumi di Indonesia.

Secara budaya, Indonesia sangat mempesona dengan keunikannya dari kuil-kuil kuno, musik, mulai dari tarian tradisional pop modern, tarian, ritual dan cara hidup yang nomaden atau berpindah dari satu daerah ke daerah lainnya. Namun dimanapun daerah yang dikunjungi oleh wisatawan, para turis pasti merasa disambut dengan keramahan masyarakat Indonesia yang tidak mudah dilupakan.

Fasilitas hotel di Indonesia juga tidak ada duanya. Sebenarnya, banyak hotel mewah dan unik di Indonesia yang selalu tercatat sebagai tempat terbaik di dunia, mulai dari yang terletak di pantai berpasir putih, menghadap ke lembah sungai hijau, sampai kepada yang terletak di jantung ibu kota Jakarta yang sibuk. Sementara kota-kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, atau Makassar adalah pusat dari kegiatan untuk bisnis ataupun liburan yang dapat menjadi surga bagi pembeli, menawarkan butik kelas atas yang menjual nama merek terbaik, hingga barang-barang lokal di kios-kios di pinggir jalan. Disini, para penjelajah makanan dapat memanjakan diri mereka mulai dari masakan pedas yang lezat sampai bersantap dengan mewah di restoran internasional. Dan untuk relaksasi, Spa Indonesia tidak ada duanya untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran.

Pusat konvensi di Indonesia juga telah dilengkapi dengan fasilitas mutakhir, maka dari itu banyak konferensi dan pameran internasional terkemuka diadakan di Jakarta, Bali sampai Manado, mulai dari Konferensi Perubahan Iklim Global di Bali hingga Konferensi Laut Dunia di Manado, mulai dari keperluan untuk berdagang hingga pameran investasi dan pameran perdagangan pariwisata yang diadakan di banyak ibu kota provinsi.

Jakarta, Bali, Medan, Padang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Makassar terhubung dengan penerbangan internasional langsung, dan banyak maskapai penerbangan reguler dan berbiaya rendah menerbangkan penumpang ke kota-kota atau lokasi terpencil di Indonesia.

Bahasa di Indonesia 

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional dan resmi di seluruh negeri. Ini adalah bahasa komunikasi resmi, diajarkan di sekolah dan diucapkan di televisi. Sebagian besar orang Indonesia saat ini berbicara setidaknya dua bahasa atau lebih, Bahasa Indonesia dan bahasa lokal mereka, dimana Indonesia menghitung lebih dari 300 bahasa daerah.

Waktu di Indonesia 

Pembagian waktu di Indonesia dibagi menjadi 3 waktu yakni, Waktu Indonesia Barat yaitu GMT +7 (meliputi Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah), Waktu Indonesia Tengah yaitu GMT +8 (meliputi Kalimantan Timur dan Selatan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara ) dan yang terakhir adalah Eastern Indonesia Time yaitu GMT +9 (meliputi Maluku dan Irian Jaya). Waktu di ibukota Jakarta adalah GMT + 7 atau 16 jam di depan Waktu Standar Pasifik AS.

Waktu Kerja di Indonesia

Jam kerja di Indonesia di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore, atau pukul 09.00 sampai 17.00. Dan untuk waktu istirahat makan siang dilakukan antara jam 12 siang sampai jam 1 siang. Biasanya kantor ditutup pada hari Sabtu, termasuk kantor pemerintah. Jam buka kantor dimulai pada jam 8 pagi dan berakhir pada pukul 16.00.

Jam Perbankan di Indonesia

Jam perbankan yang berlaku di Indonesia secara standar adalah dari jam 8 pagi sampai 3 sore dari Senin sampai Jumat. Namun beberapa bank membuka cabang mereka di hotel (dan beberapa di mal) lebih lama dari jam kantor, beberapa juga ada yang buka pada hari Sabtu sehingga Anda mungkin ingin memeriksa terlebih dahulu sebelum mendatangi kantor cabang dari bank tersebut. Jakarta memiliki sejumlah bank internasional, meski Anda juga dapat menukarkan mata uang di beberapa kasir hotel dan money changer resmi.

Mata Uang di Indonesia

Mata uang yang berlaku di Indonesia adalah Rupiah Indonesia. Biasanya rupiah disingkat dalam huruf IDR. Informasi nilai tukar harian dapat ditemukan di koran-koran Indonesia ataupun dari internet. Adapun beberapa bank di Indonesia juga menyediakannya di situs web mereka. IDR dan US$ adalah mata uang yang paling dapat diterima di Indonesia. Sebagian besar resort pariwisata memiliki fasilitas money changer yang dapat memudahkan turis untuk tetap bertransaksi. Bila Anda bepergian ke daerah terpencil disarankan untuk menukarkan uang Anda dan mencairkan cek Anda. Kartu kredit hanya dapat diterima di hotel, restoran, toko, dan agen perjalanan besar.

Listrik di Indonesia

Secara garis besar, pasokan listrik di Indonesia memiliki daya sebesar 220 volt di semua wilayah. Disarankan untuk berhati-hati dengan peralatan elektronik dengan daya sebesar 110 volt Anda. Soket hanya akan sesuai dengan dua pin tip bulat (secara teknis dikenal sebagai Tipe C, E, dan F) atau anda dapat juga menggunakan adaptor internasional. Sebagian besar hotel dan banyak restoran di kota besar menyediakan koneksi internet atau WiFi gratis.

IKLIM DI INDONESIA

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Musim panas biasanya terjadi dari bulan Juni sampai September dan sisanya adalah musim hujan. Sinar matahari di Indonesia dapat dikatakan berlimpah kecuali saat di musim hujan datang saat langit cenderung mendung. Dianjurkan untuk berkunjung ke Indonesia pada musim panas.

Pastikan bahwa kunjungan Anda tidak sesuai dengan perayaan liburan seperti hari raya Idul Fitri (atau Lebaran, seperti yang orang Indonesia sukai), karena lalu lintas cenderung berat terutama di pulau jawa. Kecuali Anda tertarik untuk melihat festival ini dari dekat dan mengalaminya.

Iklim di Indonesia mudah berubah-ubah yakni bisa panas dan lembab, sehingga membawa tabir surya dan pelembab pada musim kemarau juga dianjurkan. Tak perlu membawa payung saat musim hujan karena pada musim hujan banyak dari toko-toko di Indonesia yang menjual payung bahkan dapat dibeli di toko-toko kecil. Dan juga apabila Anda perlu pakaian ekstra, dan Anda bisa membelinya hampir di mana saja.

KEBUDAYAAN INDONESIA

Tinggal di lebih dari 13.400 pulau, bangsa Indonesia saat ini berjumlah sekitar 200 juta penduduk yang terdiri dari lebih dari 200 kelompok etnis. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara urutan keempat dalam hal negara dengan jumlah populasi yang terbesar di dunia. Setelah Kemerdekaan pada tahun 1945 perkawinan di antara orang-orang dari berbagai kelompok etnis telah melebarkan populasi ke negara Indonesia yang lebih kohesif. Dengan adanya perkawinan antar orang dari berbagai kelompok etnis inilah yang menjadikan Indonesia menjadi semakin solid dalam hal berbudaya, budaya tersebut sangat bervariasi, dari ritual Hindu yang dilakukan sehari-hari di pulau Bali, sampai pemberlakuan (parsial) hukum syariah di Aceh dan gaya hidup pemburu-pengumpul yang dilakukan oleh orang Mentawai.

Dari beragam budaya di Indonesia, banyak diantaranya yang sudah dikenal oleh masyarakat internasional antara lain seperti Wayang, Angklung, Batik, Keris, Tari Saman, Tari Kecak, Reog Ponorogo, Tari Pendet, Lagu Jali-Jali, Lagu Sayang-Sayange, dan banyak lainnya. Sebagian besar kebudayaan ini tersebar karena adanya perkawinan antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat mancanegara.

Sejak zaman prasejarah kepulauan Indonesia telah dihuni oleh manusia. Manusia Jawa atau pithecanthropus erectus (tegak apeman) adalah penghuni tertua yang diketahui di Indonesia, mereka telah hidup lebih dari satu juta tahun yang lalu. Spesies prasejarah lainnya yang lebih baru adalah homo Floresiensis yang masih diperdebatkan, atau hobbit Flores, orang kurcaci, yang juga menjadikan pulau-pulau ini sebagai rumah mereka.

Dalam sejarah, perdagangan antara India, China dan pulau-pulau di Indonesia sudah berkembang sejak abad pertama Masehi. Kekaisaran maritim Sriwijaya yang sekarang berada di sekitaran Palembang di Sumatera bagian selatan, merupakan pusat pembelajaran Buddhisme dan dikenal karena kekayaannya. Pada abad ke-8-9, Dinasti Sailendra di kerajaan Mataram di Jawa Tengah membangun candi Borobudur di Jawa Tengah, diikuti oleh pembangunan Kuil Hindu Prambanan yang dibangun oleh Sri Maharaja Rakai Pikatan dari jalur Sanjaya.

Dari 1294 sampai abad ke-15 Kerajaan Majapahit di Jawa Timur menjadi kerajaan yang memegang kekuasaan terkuat di sebagian besar Indonesia. Sementara itu, kesultanan kecil dan besar berkembang pesat di banyak pulau di nusantara, dari Sumatra sampai Jawa dan Bali, sampai Kalimantan, Sulawesi, Ternate dan Maluku.

Pada abad ke-13, Islam memasuki Indonesia melalui jalur perdagangan dengan cara India, dan saat ini, Islam adalah agama mayoritas yang dianut oleh penduduk Indonesia.

Sepanjang sejarah, para pedagang telah membawa agama Buddha, Hindu, Islam, dan berbagai kepercayaan lainnya ke Indonesia dan hal ini sangat mempengaruhi budaya dan cara hidup negara Indonesia. Namun Indonesia tidak pernah ditaklukkan oleh India atau China, sampai orang-orang Eropa datang dan menjajah pulau-pulau ini.

Marco Polo adalah orang Eropa pertama yang menginjakkan kaki di Sumatra. Kemudian, untuk mencari Rempah-rempah, Portugis dan Spanyol tiba di pulau-pulau ini berlayar mengelilingi Tanjung Harapan di Afrika bagian selatan. Pada tahun 1596 kapal Belanda pertama berlabuh di tepi Jawa Barat setelah menempuh perjalanan jauh. Selama tiga abad berikutnya, Belanda secara bertahap menjajah nusantara ini sampai kemudian Indonesia sempat dikenal sebagai Hindia Belanda.

Tapi pemberontakan melawan penjajah segera melanda di seluruh negeri. Pemuda-pemuda Indonesia, dalam Sumpah Pemuda tahun 1928 berjanji untuk membangun “Satu Negara, Satu Bangsa dan Satu Bahasa: Indonesia”, terlepas dari ras, agama, bahasa atau latar belakang etnis di wilayah yang kemudian dikenal sebagai Hindia Belanda.

Akhirnya, pada tanggal 17 Agustus 1945, setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia Kedua, rakyat Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan mereka melalui pemimpin mereka Soekarno dan Hatta. Kebebasan, bagaimanapun tidak mudah dikabulkan. Setelah bertahun-tahun melakukan perlawanan, pemerintah Belanda akhirnya mengalah, pada akhirnya Indonesia secara resmi mengakui Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1950.

Jakarta, yang terletak di pesisir utara Jawa barat adalah ibu kota negara Republik Indonesia. Jakarta adalah pusat pemerintahan, dan pusat bisnis dan keuangan. Sebuah kota metropolitan yang besar dan modern dengan populasi 9 juta orang, Jakarta merupakan peleburan semua kelompok etnis yang berbeda di nusantara.

Saat ini, setelah enam dekade kebebasan, Indonesia telah menjadi negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Meskipun menghadapi krisis keuangan global saat ini, negara ini telah berhasil menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang positif, dan mendapat pengakuan secara internasional atas pendiriannya yang moderat, toleran namun beragama dalam konflik global hari ini di antara peradaban.