Food

8 Kuliner Tanah Air Ini Jadi Alasan Kenapa Kita Bangga Menjadi Bangsa Indonesia

Negara kita memang terkenal akan tempat wisatanya yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Tetapi, tidak hanya itu saja wisata kulinernya yang lezat ini ternyata juga sangat mendunia

Berikut adalah kuliner dalam negeri yang menjadi alasan kenapa kita bangga menjadi bangsa Indonesia:

1. Nasi uduk
Bagi sebagian orang Indonesia, nasi uduk adalah hidangan ideal untuk disantap saat sarapan. Nasi uduk tidak berwarna putih bersih layaknya nasi biasa karena dimasak dengan menggunakan air santan, daun salam, daun jeruk, laos, serai, dan garam. Namun, hal ini tak mengurangi kelezatannya, malah menambahkan rasa gurih dan wangi yang khas. Dalam penyajiannya, nasi uduk biasa dipadukan dengan ayam goreng, telur iris, bihun goreng, sambal, taburan bawang goreng, dan kerupuk.

Konon, nasi uduk adalah makanan khas Betawi. Tak mengherankan kalau kamu bisa menemukan banyak penjual nasi uduk di Jakarta, terutama di pagi hari saat orang-orang sarapan. Kebon Kacang menjadi salah satu kawasan yang dikenal dengan nasi uduknya. Terlebih, menurut sebagian sumber, kawasan ini juga dikenal sebagai pelopor nasi uduk di Jakarta.

2. Bakso
Bakso tak pernah kehilangan penggemarnya. Bola-bola daging berkuah hangat yang disajikan bersama bihun dan sawi ini sedap disantap di saat hujan. Bagi yang suka pedas, semangkuk bakso lengkap dengan tambahan sambal akan menghadirkan sensasi tersendiri saat menyantapnya.

Salah satu hidangan bakso yang terkenal di Indonesia adalah bakso dari Malang, Jawa Timur. Menurut beberapa sumber, udara kota Malang yang dingin membuat masyarakat setempat ingin menikmati makanan panas berkuah untuk menghangatkan tubuh. Hal inilah yang disebut-sebut sebagai asal mula munculnya bakso Malang.

Yang membuat bakso khas Malang berbeda adalah adanya tambahan pangsit goreng di dalam mangkuknya. Sekarang, kamu tak perlu datang langsung ke Malang untuk bisa mencicipi bakso spesial ini karena sudah banyak tempat kuliner yang menyajikan bakso khas Malang di berbagai kota.

3. Sate
Sate, potongan daging yang ditusuk dan dibakar lalu disajikan dengan saus kacang atau kecap manis bisa menggoyang lidahmu dengan seketika. Umumnya, penjual sate dengan gerobak banyak beroperasi pada sore hingga malam hari, kecuali jika kamu mencarinya di rumah makan atau restoran besar.

Bagi kamu yang ingin mencicipi hidangan sate yang berbeda, silakan datang ke Yogyakarta. Di sini, ada satu jenis sate yang terkenal dengan keunikan rasa dan penyajiannya, namanya Sate Klathak Pak Pong. Sate berbahan daging kambing ini ditusuk menggunakan jeruji besi. Jeruji besi dipercaya bisa menghantarkan panas dengan baik sehingga potongan daging bisa matang sempurna. Selain itu, daging juga tidak banyak dibumbui, hanya menggunakan garam dan merica, lalu disajikan bersama nasi hangat dan kuah gulai.

Baca Juga : Malioboro Kini Punya Toilet Bawah Tanah Semewah Hotel Bintang 5

4. Sop Buntut
Makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar baru dimasukan kedalam kuah kaldu sapi. Biasanya, Sop Buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya.

Tapi siapa yang sangka, kalau Sop Buntut ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

5. Gudeg
Makanan olahan dari nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan ini sering ditemukan di Yogyakarta. Rasanya yang manis pedas ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Kuliner yang selalu menjadi favorit ini ternyata juga berada di Melbourne, Australia tepatnya di kawasan Clayton Road.

Warung Gudeg yang berada di Melbourne ini merupakan salah satu restoran yang menyediakan gudeg asli Indonesia.

6. Gado-gado
Kalau diluar negeri kita bisa menemukan salad, beda halnya dengan Gado-gado khas Indonesia yang terbuat dari rempah dan bumbu asli Indonesia. Pada tahun 2010 yang silam, gado-gado ini menjadi juara pertama dalam perlombaan memasak tingkat Internasional pada kategori tampilan sajian kuliner estetika di Napoli, Italia.

7. Tempe
Kalau tadi sudah ada Indomie, kini giliran Tempe yang menjadi bahasan. Makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering mejeng dalam festival kuliner di dunia. Makanan khas Indonesia ini paling sering menjadi bahan masakan yang diolah kembali dengan berbagai macam rasa dan masakan.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di London juga ada streetfood yang bernama Warung Tempeh dan sangat digemari oleh masyarakat sekitar.

8. Nasi Padang
Ini dia kuliner Indonesia yang paling digemari oleh penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara. Seolah tidak ingin melewatkan kenikmatan dari masakan asli dari Sumatera Barat, mereka yang berkunjung ke Indonesia pun tidak pernah ingin melewatkannya.

Belakangan ini juga ada turis asal Norwegia yang bernama Audun ini mencicipi Nasi Padang dan saking cintanya terhadap masakan khas Indonesia yang mendunia ini sang turis pun sampai membuat lagu yang berjudul “Nasi Padang”. Selain itu Nasi Padang juga ternyata masuk kedalam posisi daftar 50 makanan terlezat di dunia versi CNN. Karena bumbunya yang kaya akan rempah, hampir tidak ada satupun orang yang bisa menolaknya.

About the author

Related Posts