Health

Hati-Hati, 8 Kesalahan Ini Bisa Sebabkan Diet Gagal Lho!

Anda sudah berjuang keras berdiet selama beberapa pekan. Tapi kenapa sepertinya jarum di timbangan tak kunjung bergeser ke kiri. Kenapa seolah-olah diet gagal dengan sia-sia?

Ternyata, kesalahan sederhana bisa membuat upaya diet Anda gagal. Jika timbangan Anda tidak menunjukkan adanya perubahan berarti atau berat Anda sempat turun, tapi naik lagi, ada kemungkinan Anda melakukan kesalahan-kesalahan dalam berdiet berikut ini, seperti dilansir dari Boldsky:

Diet Hanya Sementara

Banyak artikel mengatakan bahwa diet hanya sementara. Misalnya, beberapa pekan atau beberapa bulan akhirnya bisa kurus maka lalu stop. Padahal hal itu salah. Seseorang harus menjaga pola makannya secara konstan agar tubuhnya tak gemuk kembali seperti efek yo-yo.

Menahan Lapar Demi Langsing

Tentu berbagai perjuangan dilakukan demi langsing. Namun, banyak model melakukan diet yang salah sampai mereka menderita penyakit penyimpangan makan seperti bulimia dan anorexia. Jangan sampai diet membuat metabolisme melemah.

Terlalu Banyak Buah

Memang seseorang ingin diet lebih banyak mengonsumsi buah. Namun, terlalu banyak buah ternyata juga menambah banyak pasokan gula dalam tubuh, terutama fruktosa.

Salah Hitung Kalori

Seseorang biasanya menghitung kalori dan memastikan hanya mengkonsumsi kalori dalam jumlah tertentu per hari. Namun, sejumlah orang gagal memahami bahwa tidak semua kalori sama. Misalnya, 100 kalori dari es krim lebih menggemukkan dibanding 100 kalori dari semangkuk sayuran.

(Baca juga: 7 Daftar Cemilan Malam Hari Ini Cocok Untuk Diet Anda)

Memangkas Lemak Sama Sekali

Ketika diet, seseorang biasanya menjauhi lemak sedikit pun. Padahal ada lemak baik yang bagus untuk tubuh seperti dari minyak kelapa, alpukat, yogurt dan lainnya.

Cegah Makan Setelah Jam 8 Malam

Sebetulnya hal itu keliru. Intinya berhenti makan adalah dilakukan 3 jam sebelum tidur. Tak harus selalu pukul 8 malam. Jika ingin tidur pukul 7 malam, maka harus berhenti makan tiga jam sebelumnya.

Minum Banyak Air Selama Makan Kurangi Berat Badan

Banyak minum air puith bisa bikin kurus tak sepenuhnya benar. Justru terlalu banyak minum saat makan malah akan membuat perut melilit dan gangguan usus.

Olahraga Bikin Lapar

Olahraga tidak bikin lapar. Olahraga justru membakar banyak kalori. Dan baik untuk kesehatan. Maka sambil diet, juga harus melakukan olahraga.

About the author

Related Posts