Gadget

5 Cara Mudah Pantau Banjir di Jakarta

Hujan deras melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya akhir-akhir ini. Tak ayal, hal ini menyebabkan meningginya debit air di sungai-sungai yang mengalir melewati daerah ibukota. Masyarakat pun waspada jika sungai tak dapat lagi menahan debit air tersebut.

Berikut beberapa aplikasi dan situs untuk memantau potensi banjir di DKI Jakarta dan sekitarnya. Data yang disediakan umumnya berupa tinggi muka air di tiap-tiap pintu air. Namun, Petabencana juga memberikan data tambahan wilayah mana saja yang dilaporkan mengalami banjir dengan mengumpulkannya dari data yang dilaporkan masyarakat di media sosial.

Petabencana.id

Peta digital untuk memantau bencana di beberapa kota. Saat ini data tersedia untuk Jakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya.

Awalnya inisiasi ini mengambil data wilayah banjir dari media sosial agar bisa dikumpulkan secara real time. Belakangan, layanan ini juga bisa menampilkan data tinggi muka air di beberapa pintu air di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga : DKI Jakarta Siapkan Suvenir Untuk Asian Games 2018

Untuk memantau banjir Jakarta misalnya, pengguna bisa langsung memantau berapa tinggi muka air di berbagai pintu air di Bogor, Depok, dan Jakarta. Layanan bisa diakses di desktop dan web mobile. Lebih praktis karena pengguna tak perlu mengunduh aplikasi.

https://petabencana.id/

Pantau Banjir

Aplikasi berisi informasi seputar laporan tinggi muka air hingga operasional pompa air. Data didapat dari pengamatan petugas dinas tata air secara realtime.

Aplikasi tersedia di Android Play Store.

Peringatan Dini Banjir Jakarta

Aplikasi ini disediakan oleh Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Aplikasi berisi informasi grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

Selain itu, aplikasi tersebut memiliki titik lokasi pemantauan di sejumlah area di sekitar Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bogor.

Aplikasi tersedia di Android Play Store.

PMI-FirstAid

Aplikasi yang dibuat oleh Palang Merah Indonesia untuk membantu masyarakat mendapatkan pertolongan pertama. Berguna untuk penanganan penyakit selama dan sesudah banjir. Misal seperti serangan asma, perdarahan dan alergi akibat banjir.

Baca Juga : Trik Jitu Make Up Anti Luntur saat Hujan dan Badai

Selain itu, informasi ditampilkan secara bertahap sehingga pengguna dapat dengan mudah mengikuti instruksi yang ada.

Aplikasi tersedia di Android Play Store.

Info BMKG

Layanan yang disediakan BMKG ini memberikan informasi peringatan dini cuaca, kegempaan, iklim, hingga kualitas udara di seluruh Indonesia. Pengguna juga akan disajikan informasi prakiraan cuaca dalam 3 hari terakhir.

BMKG juga memberikan informasi peringatan dini cuaca melalui aplikasi ini.

Jika tak ingin memasang aplikasinya, informasi kegempaan dan peringatan dini cuaca juga bisa diikuti lewat akun Twitter BMKG di @infoBMKG. Pengguna bisa mengaktifkan notifikasi agar mendapat pemberitahuan untuk tiap cuitan BMKG.

Aplikasi tersedia di Android Play Store.

About the author

Related Posts