pemandangan indah
Tourism

7 Perkebunan Teh di Pulau Jawa Yang Memiliki Pemandangan Indah

Saat ini, perkebunan teh bukan hanya sekedar sebuah perkebunan, tetapi juga berfungsi sebagai tempat wisata agro yang memiliki pemandangan indah dan pesona tersendiri.

Nah, di Indonesia kebun teh yang terkenal akan pemadangannya yang indah rata-rata berlokasi di dataran tinggi Pulau Jawa.

Umumnya, objek wisata kebun teh selalu jadi buruan pelancong yang suka singgah ke dataran tinggi. Anda pun tak boleh melewatkannya, karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di area perkebunan.

Jika Anda berminat untuk berwisata ke kebun teh, ini dia daftar perkebunan teh yang memiliki pemandangan yang cantik serta indah:

1.   Perkebunan Teh Gunung Mas

Di kebun teh yang terletak di daerah Puncak, Bogor ini, Anda dapat menyusuri perkebunan teh sambil mencoba langsung memetik teh dan meminum hasil petikannya. Selain dengan berjalan kaki, Anda juga dapat menikmati pengalaman yang berbeda dengan menunggang kuda menyusuri perkebunan teh. Dari kebun teh ini juga tersaji pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede.

2.   Perkebunan Teh Cianten

Di kebun teh yang terletak di daerah Leuwiliang, Bogor ini, Anda tidak hanya dapat menyusuri perkebunan teh dengan berjalan kaki. Anda juga dapat bersepeda mencoba trek yang menantang dengan jalan dari tanah dan batu serta banyak ditemui tanjakan dan turunan. Sangat cocok bagi Anda penggemar olahraga sepeda ekstrim.

Di kebun teh ini juga ada beberapa lapangan yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda camping atau sekedar menggelar tikar.

(Baca juga: 4 Rekomendasi Resto Kepiting di Surabaya yang Enak Banget!)

3.   Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan teh Malabar dibangun pada tahun 1890 dan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Letaknya yang berada diketinggian 1550 meter di atas permukaan laut membuat lokasi kebun teh ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Perkebunan teh Malabar berada di Bandung Selatan, tepatnya di wilayah Pangalengan Bandung.

Pemandangan disekitar perkebunan juga sangat memukau. Disini juga terdapat sebuah rumah tua yang dibangun pada tahun 1890 yang disebut dengan bumi hideung atau imah hideung. Hingga saat ini rumah yang telah berusia seratus tahun lebih ini masih berdiri kokoh dan terjaga keasliannya.

4.   Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan teh Rancabali ini berlokasi sekitar 50 Km dari kota Bandung. Perkebunan teh Rancabali memiliki pemandangan perkebunan teh yang sangat indah dan ajdi salah satu area tempat wisata di ciwidey yang favorit. Letaknya berada di kaki Gunung Patuha sehingga membuat kebun teh ini memiliki udara yang sangat segar. Di tengah perkebunan teh ini terdapat objek wisata Situ Patenggang dan Pemandaian Air Panas Walini.

Kawasan kebun teh Rancabali juga terdapat fasilitas menginap seperti villa, penginapan, dan hotel. Hal ini dikarenakan di area ini banyak terdapat lokasi tujuan wisata, dan menjadi salah satu kawasan wisata favorit di Bandung.

5.   Perkebunan Teh Cikuya

Kebun teh yang terletak di daerah Cibeber, Banten ini menyajikan pemandangan yang tak kalah indah dengan kebun-kebun teh yang ada di Bandung dan Bogor. Di perkebunan ini Anda juga dapat menikmati suasana asri nan menyejukkan, khas perkebunan teh.

Sepanjang perjalanan menuju kebun ini, Anda dapat menyaksikan pemandangan pegunungan dan pantai yang memanjakan mata. Jika Anda berkunjung di sore hari, kamu dapat menyaksikan indahnya sunset dari kebun teh ini.

(Baca juga: Gula Darah Tinggi? Konsumsi Superfood Ini)

6.   Perkebunan Teh Tambi Sapuran

Di dataran tinggi, tepatnya daerah Wonosobo, Jawa Tengah, selain ada hamparan tanaman kentang dan wortel, Anda juga bisa menemukan surganya kebun teh. Menurut rekomendasi, kebun teh ini paling cantik di Indonesia. Karena kontur tanahnya berupa perbukitan kecil yang ditumbuhi tanaman teh berkualitas.

Lokasi ini sangat Instagramable bagi kalangan wisatawan zaman now. Jangan lupa mampir dan foto-foto cantik di sana. Letaknya kebun teh ini di sisi Gunung Sindoro. Usut punya usut, kebun teh ini salah satu peninggalan bangsa Belanda yang melegenda.

7.   Perkebunan Teh Wonosari

Orang Jawa Timur pasti kenal dengan objek wisata kebun teh di Wonosari, Lawang, Jawa Timur. Ya, tepatnya lokasi dari kebun teh ini di dekat Kota Malang. Saat melancong ke Kota Apel itu, coba mampir ke kebun tehnya. Ada banyak kegiatan seru, mulai dari tea walk hingga icip-icip teh terbaiknya di sebuah kedai. Udaranya sangat dingin menusuk, sehingga Anda butuh mengenakan pakaian hangat.

Kalau pulang, Anda juga bisa membawa pulang bungkusan daun teh hijau kering yang mantap untuk diseduh. Kalau membawa anak-anak pergi kesana, Anda bisa mengajaknya berenang sampai puas. Jangan khawatir, air kolamnya diisi air hangat supaya nyaman.

(Baca juga: Ingin Kulit Lebih Putih dan Bersinar? Coba 6 Bahan Alami Ini)

About the author

Related Posts