saat Hujan
Food

Ini 7 Makanan yang Pas Banget Disantap Saat Hujan!

Makan mie instan dengan telor beserta cabe rawitnya, seringkali menjadi pilihan santapan saat hujan. Entah apa alasan tepatnya, tapi mungkin karena makanan tersebut dapat menghangatkan tubuh saat cuaca menjadi lebih dingin.

Namun bukan mie instan saja yang mampu mengeyangkan sekaligus menghangatkan tubuh dikala hujan. Karena, masih banyak banget makanan lainnya yang pasti jadi lebih lezat dinikmati ketika hujan. Mau tahu apa saja? Berikut daftarnya:

  1. Bakso

Saat hujan, dan angin kencang, biasanya bakso menjadi primadona makanan disaat hujan nih. Gimana tidak, bakso yang kenyal dengan kuah yang hangat, pasti bisa membuat harimu tidak dingin lagi seperti udara di luar saat hujan turun. Dan yang paling enak saat hujan turun adalah dengan menyantap bakso dengan kuah yang super pedas. Pasti mantap banget rasanya.

Bakso merupakan salah satu makanan favorit orang indonesia. Saat musim hujan tiba biasanya kedai-kedai penjual makanan berkuah hangat ini akan penuh sesak dengan pengunjung. Kamu juga bisa membuat bakso sederhana sendiri. Bakso terbuat dari daging sapi yang digiling kemudian ditambah dengan tepung dan bumbu yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Biasanya bakso akan dihidangkan dengan mie atau bihun ditambah kuah hangat dengan taburan seledri dan bawang goreng di atasnya.

Selain itu, Kamu juga bisa membuat bakso sendiri lho. Bakso ini termasuk makanan yang mudah dibuat. Kamu hanya memerlukan daging sapi yang sudah digiling, yang kemudian di tambahkan bumbu, dan tepung, lalu dibulat-bulatkan. Biasanya bakso akan disajikan bersama dengan mi atau bihun, ditambah kuah hangat dan taburan seledri dan bawang goreng.

  1. Bakmi Godog

Mie godok alias mie rebus. Olahan khas Jawa ini juga menjadi primadona saat hujan.  Rasanya nikmat dan gurih, dengan kekayaan bumbu khas Indonesia. Kamu bisa menemuinya di kuliner pinggir jalan.

  1. Gulai

Makanan berbahan dasar daging ini sangat pas menemanimu menikmati hujan. Disantap pakai nasi atau tidak, kenikmatan gulai tak akan tergantikan. Dijamin gak cukup seporsi.

(Baca juga: Mie Celor, Makanan Khas Palembang yang Nikmat Disantap Saat Hujan)

  1. Tongseng

Tampilan tongseng sekilas mirip dengan gulai atau rawon. Yang membedakannya adalah aroma dan bumbunya yang sangat kuat.

Selain itu, daging yang disajikan berbeda. Kalau tongseng, dagingnya masih melekat dengan tulang. Tongseng dianggap sebagai makanan khas Jawa Tengah, khususnya di daerah Solo.

  1. Soto

Menikmati soto waktu cuaca dingin dapat menambah tingkat kenikmatannya, loh. Kuahnya yang hangat akan terasa begitu gurih berpadu dengan koyanya. ditambah potongan telur serta irisan daging tentu menjadikan soto jadi lebih nikmat. Taburan potongan daun seledri serta daun bawang akan membuat semakin berselera menghabiskan semangkok soto di saat hujan yang dingin.

  1. Jagung Rebus dan Jagung Bakar

Jagung adalah makanan murah meriah yang rasanya enak. Jagung bisanya seringkali diolah lewat cara direbus atau dibakar. Untuk jagung yang dibakar, lebih baik memakai jagung yang muda, karena tidak terlalu keras. Jagung ini paling enak dinikmati waktu turun hujan saat hangat. Jagung sendiri banyak mengandung serat, vitamin B kompleks, serta antioksidan.

  1. Pisang Goreng

Siapa yang bisa menyangkal kenikmatan pisang goreng yang disantap waktu hujan? Di Indonesia, pisang goreng dapat tampil dengan banyak rupa. Di Jawa biasanya menyantap pisang goreng begitu saja, ditemani kopi atau teh hangat. Namun di Manado serta di Makassar, pisang goreng dinikmati bersama dengan sambal dabu-dabu serta sambal roa. Olahan pisang yang lain adalah pisang bakar. Diolah dengan cara dipipihkan lalu dibakar diatas arang. Selain itu, pisang goreng kipas ala Kalimantan juga sedang populer jadi camilan.

(Baca juga: Bosan ke Pantai? 10 Danau Berwarna Biru Ini Bisa Manjakan Mata Anda)

About the author

Related Posts