Entertainment

7 Fasilitas Markas Pasukan Garuda di Lebanon yang Indonesia Banget

Selain karena jumlah pasukannya terbanyak kedua setelah Italia, Pasukan Garuda juga menuai banyak prestasi dan sangat diterima masyarakat Lebanon karena keramahtamahannya.

Di Lebanon, Kontingen Garuda yang bergabung dalam United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) itu tersebar di 4 lokasi. Salah satunya di Sudirman Camp Naqoura.

Sudirman Camp Naqoura itu bukanlah markas sembarangan. Kompleks tempat tinggal bagi prajurit Kontingen Garuda yang bertugas di markas besar UNIFIL itu dilengkapi berbagai fasilitas yang Indonesai banget. Dari panser anoa, patung garuda, hingga minimarket ada di sana.

Maka tak heran, banyak prajurit dari negara lain terlihat sangat antusias saat berkunjung ke markas itu. Di sana mereka bisa ber-selfie hingga berbelanja.

1. Gerbang Bola Dunia
Sebelum memasuki Sudirman Camp, kita akan disambut oleh gerbang bola dunia yang menjadi satu-satunya akses masuk ke markas tersebut. Gerbang ini sama seperti yang ada di kamp kontingen lainnya di UNIFIL.

Yang menarik adalah di sebelah kanan dan kiri gerbang ditambahkan tugu yang di atasnya terdapat miniatur bola dunia dengan tulisan UNIFIL dan INDONESIA.

2.Tugu Sangkur dan Patung Garuda Wisnu Kencana
Setelah melewati gerbang bola dunia, kita akan menemui Tugu Sangkur dan patung Garuda Wisnu Kencana di markas Sudirman Camp. Kedua bangunan ini terletak di tengah-tengah kolam ikan koi.

Tugu Sangkur dibangun pada 2012. Pada tugu itu tampak sebuah sangkur atau pisau raksasa yang menancap di batu. Pada batu tertera sejarah penyebutan ‘Garuda’ nama kontingen misi perdamaian TNI.

Di sebelah tugu sangkur berdiri Patung Garuda Wisnu Kencana.

3. Gerbang Pura
Gerbang Pura merupakan pintu masuk menuju lapangan Sudirman yang biasa digunakan sebagai tempat upacara. Gerbang ini dibuat seperti bangunan-bangunan pura — rumah ibadah umat Hindu pada umumnya.

Di atas gerbang itu tertulis motto Kontingen Garuda ‘Make peace nothing else’. Bangunan ini menjadi tempat favorit bagi prajurit negara lain untuk ber-selfie ria.

4. Patung Garuda
Dengan panjang 8 meter dan tinggi 4 meter, Patung Garuda yang memiliki panjang 8 meter dan tinggi 4 meter ini terlihat gagah dengan latar belakang pemandangan Laut Mediterania.

Ikon Kontingen Garuda ini juga yang selalu menarik perhatian pasukan negara lain untuk berfoto bersama di bawah Patung Garuda. Tidak hanya dari kalangan militer, penduduk lokal Lebanon juga sangat tertarik untuk berfoto di Patung Garuda.

Baca Juga : Foto: Bentrokan Parah Suporter Sepakbola di Derby Beograd

5. Panser APC Anoa
Kendaraan tempur ini selalu setia mendampingi Pasukan Garuda yang bertugas di Indo Force Protection Company (FPC). Kendaraan canggih buatan dalam negeri ini juga selalu siap digerakkan untuk mendukung pelaksanaan Misi Perdamaian Pasukan Garuda.

Penampilannya yang sangar menjadi daya tarik tersendiri bagi prajurit negara lain untuk ber-selfie ria di atas Anoa.

6. Satu-satunya markas yang memiliki Masjid
Bangunan yang terbuat dari tenda berukuran 35x10x6 meter ini berfungsi sebagai masjid yang digunakan oleh pasukan muslim. Masjid ini merupakan satu-satunya yang berada di markas besar UNIFIL.

Karena itu tidak cuma pasukan Garuda yang melaksanakan ibadah di sana. Tetapi juga prajurit dari negara lain yang beragama muslim. Apalagi ketika waktu salat Jumat tiba. Masjid Sudirman Camp ini dapat menampung maksimal 200 orang.

7. Adanya Minimarket
Untuk keperluan harian, prajurit Garuda dapat berbelanja di minimarket yang berada di Markas Sudirman Camp. Berbagai macam barang untuk memenuhi kebutuhan harian dengan harga terjangkau disediakan di sana.

Karena itu tak cuma jadi favorit Kontingen Garuda, tapi juga prajurit dari negara lain. Minimarket ini dikelola oleh masyarakat lokal Lebanon dan juga sudah diberi lisensi UNIFIL.

About the author

Related Posts