Food

10 Kuliner Kaki Lima Legendaris di Bogor

Dari restoran-restoran hingga berbagai kuliner kaki lima legendaris di bogor yang terus berjualan selama belasan tahun dan mendapatkan status ‘legendaris’.

Bogor memang surga kuliner. Di kota tetangga Jakarta ini, kamu bisa nemuin berbagai makanan yang seru banget.

Berikut adalah beberapa kuliner kaki lima paling legendaris di Bogor yang harus banget dicoba.

1. Asinan Jagung Bakar Pak Sabur
Pak Sabur mulai berjualan asinan jagung bakar sejak tahun 1968. Selama nyaris 50 tahun, beliau tetap eksis menghadirkan manis dan asamnya kuah asinan bercampur dengan nikmatnya jagung bakar yang manis dengan aroma arang. Setiap hari, asinan yang buka sejak pukul 10.00 ini selalu dibanjiri pengunjung yang ingin merasakan asinan nyeleneh tapi bikin ketagihan ini.

Nama: Asinan Jagung Bakar Pak Sabur
Alamat: Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional: 10.00-17.00
Harga:  Rp7.500,00-Rp12.500,00

2. Toge Goreng Mang Gebro Putra
Toge goreng sejatinya bukan tauge yang digoreng lalu dibumbui kacang. Kuliner ini justru memadukan tauge rebus dengan tahu goreng, lontong, mi kuning lalu disiram dengan saus tauco dan juga oncom. Sebagai pelengkap, akan ada kerupuk atau bawang goreng yang gurih. Kalau kamu kebetulan sedang ada di Bogor, sempatkan untuk mencoba toge goreng yang salah satunya di kedai Mang Gebro Putra.

Nama: Toge Goreng Mang Gebro Putra
Alamat: JL. Pengadilan, Pasar Anyar, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121, Indonesia
Jam Operasional: 08.00-17.00
Harga: sekitar Rp15.000,00

3. Soto Kuning Pak M. Yusuf
Jajanan selanjutnya yang bisa kamu nikmati ketika berada Bogor adalah Soto Kuning Pak M. Yusuf yang terletak di Jalan Suryakencana. Soto ini memiliki cita rasa yang khas dan memiliki banyak pilihan untuk isiannya. Kamu bisa memilih daging, jeroan, hingga bagian tubuh dari sapi lainnya. Sebagai pelengkap, kamu bisa menyantap perkedel dan juga emping melinjo yang telah disajikan.

Nama: Soto Kuning Pak M. Yusuf
Alamat: Jl. Suryakencana, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-17.00
Harga:  Mulai Rp25.000,00 (Harga dagi per potong Rp10.000,00 dan side dish Rp3.000,00)

Baca Juga : 6 Rumah Makan di Anyer yang Nggak Pakai Mahal

4. Cungkring Pak Jumat
Cungkring adalah modifikasi dari sate meski makanan ini tidak ditusuk seperti sate pada umumnya. Cungkring terbuat dari kulit kaki sapi dan beberapa urat lainnya. Dalam penyajiannya, kulit yang agak alot itu diberi bumbu kacang mirip sate dan diberi lontong sebagai karbohidratnya. Sebelum disiram dengan kuah kacang, bisanya cungkring juga diberi keripik tempe sebagai pengganti kerupuk. Kalau kamu sedang berada di Bogor jangan lupa untuk pelesir ke Jalan Suryakencana dan memburu Cungkring Pak  Jumat yang telah berjualan sejak tahun 1975.

Nama: Cungkring Pak Jumat
Alamat: Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional: Pagi hingga habis
Harga: Sekitar Rp5.000,00

5. Pepes Sagu Gang Aut
Kalau biasanya pepes dibuat dari bahan ikan atau protein lainnya. Di Bogor, kamu akan menemu pepes yang terbuat dari sagu. Rasanya tidak asin, tapi manis dengan isian yang beraneka ragam. Kamu bisa mencoba pepes keju, pisang, nangka, dan masih banyak lagi. Pemiliknya yang bernama Daniel akan dengan sabar melayani dan membakar pepes pesanan kamu agar bisa dimakan dalam keadaan hangat.

Nama: Pepes Sagu Gang Aut
Alamat: Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-15.00
Harga: sekitar Rp3.500 per bungkus

6. Lumpia Bogor
Yang membedakan antara Lumpia Bogor dengan Lumpia Semarang adalah isiannya. Kalau lumpia dari Semarang menggunakan rebung, telur, ayam, dan bumbu penyedap lain. Lumpia bogor menggunakan irisan bengkuang. Ya, rebung diganti dengan bengkuang yang dimasak dengan tahu, ebi, dan telur. Dalam penyajian, lumpia khas Bogor ini tidak digoreng. Isian hanya diletakkan di atas pembungkus lalu dimakan begitu saja dalam bentuk lumpia basah.

Nama: Lumpia Basah
Alamat: Jl. Suryakencana No.116, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-18.00
Harga: sekitar Rp12.000,00 per porsi

7. Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”
Laksa Aut Khas Bogor yang terletak di kawasan Gang Aut hanya berdiri di atas bangunan semi permanen. Meski demikian, laksa ini telah bertahan selama puluhan tahun dan selalu menjadi buruan banyak warga Bogor dan pelancong. Yang menjadikan laksa ini sangat khas adalah isiannya yang unik. Bihun, tahu, tauge, dan telur disiram bumbu kuning. Kuah yang nikmat ini bercampur dengan cita rasa oncom yang khas. Benar-benar sempurna!

Nama: Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu”
Alamat: Jl. Surya Kencana, Gang Aut, Gudang, Bogor Tengah, Jawa Barat 16131, Indonesia
Jam Operasional: 07.00-15.00
Harga: sekitar Rp15.000,00

8. Asinan Sedap Gedung Dalam
Seiring dengan berjalannya waktu, Asinan Gedung Dalam yang terletak di kawasan Siliwangi mulai digemari banyak orang. Bahan berkualitas, bumbu yang nikmat, serta kemasan yang praktis membuat semua orang rela antre. Kalau kamu kebetulan sedang berada di Bogor, jangan lupa untuk menyantap asinan sayur atau asinan buah yang rasanya nikmat dan menyegarkan.

Nama: Asinan Sedap Gedung Dalam
Alamat: Jl. Siliwangi No.27C, Sukasari, Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16142, Indonesia
Jam Operasional: 09.00-21.00
Harga: –

9. Combro Gang Aut
Kalau singkong biasanya diolah menjadi makanan manis seperti getuk atau jemblem, maka di Bogor bahan itu diubah menjadi combro. Singkong diparut lalu dibumbui dengan sedikit garam. Sebagai isian ada olahan oncom yang dibumbui super pedas. Kadang ada cabai yang sengaja ditaruh di dalamnya agar menimbulkan sensasi pedas yang meledak.

Nama: Combro Gang Aut
Alamat: Gang Aut, Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Jam Operasional:  Pagi hingga sore hari.
Harga: Mulai Rp2.500,00 per biji

10. Bakso Kikil Pak Jaka
Sekilas penampakan kedai Bakso Kikil Pak Jaka sangat sederhana. Namun, rasa makanannya sangat menggoyang lidah. Baksonya sangat empuk dan tekstur daging terasa. Selain itu urat dan kikil yang ada dalam kuah juga membuat siapa saja menjadi ketagihan. Oh ya, bakso ini lumayan terkenal dan jadi langganan para pejabat dan artis ibu kota.

Nama: Bakso Kikil Pak Jaka
Alamat: Jl. Suryakencana No.287, Babakan Ps., Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Jam Operasional: 13.00-18.00
Harga:  Sekitar Rp20.000,00

About the author

Related Posts