Entertainment

5 Alasan Jangan Beli Gawai Saat Pertama Kali Rilis

Setiap tahunnya banyak brand dunia merilis gawai terbaru. Sebagai contoh Samsung merilis flagship Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Ada juga Apple yang memperkenalkan lini iPhone 8 dan iPhone X yang menjadi hype dunia.

Siapa sih yang nggak sabar untuk memiliki smartphone terbaru? Merasakan pengalaman terbaik lebih awal tentu menjadi kebanggakan tersendiri.

Tapi tunggu dulu, jangan beli smartphone saat pertama rilis. Ini dia alasannya.

1. Masih Terdapat Banyak Bug
Hal pertama yang paling banyak dikeluhkan saat pertama kali smartphone dirilis adalah banyaknya bug. Masalah ini bisa saja berasal dari software maupun hardware smartphone itu sendiri. Sebagai contoh isu pada layar Google Pixel 2 XL dan iPhone X. Beberapa waktu ke belakang layar Pixel 2 XL pernah bermasalah dengan isu burn-in. Lain lagi dengan layar bezel-less iPhone X yang menampilkan garis hijau pada bagian tepi. Jadi mau mau beli smartphone saat pertama rilis?

2. Dengar Tanggapan Reviewer Teknologi
Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebelum membeli smartphone baru. Salah satunya adalah mendengar tanggapan reviewer mengenai smartphone favoritmu. Di sini bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya.Banyak website dan channel YouTube yang bisa dilihat untuk melakukan hal ini. Bahkan beberapa reviewer memberikan tanggapannya saat hari perilisan smartphone tersebut.

Baca Juga: Callind, Aplikasi Chat Asal Kebumen Pesaing Whatapps

3. Perhatikan Penurunan Harga Smartphone
Setelah mengetahui tanggapan para reviewer, sebaiknya juga memperhatikan penurunan harga smartphone saat pertama kali rilis. Jangan terjebak pada hype, karena dapat dipastikan beberapa bulan smartphone yang diincar bakal turun harganya. Sebagai contoh Essential Phone yang merupakan smartphone flagship dengan Snapdragon 835 kini dijual US$499 atau sekitar Rp 6,7 juta. Padahal harga awalnya US$699 atau sekitar Rp 9,4 jutaan. Drastis banget turunnya!

4. Jangan Sampai Terjebak Hype
Di antara kamu pasti ada saja yang tergiur untuk membeli smartphone yang baru saja rilis. Bakal jadi kebanggan tersendiri pastinya saat menggunakan kan? Namun jangan buru-buru, bisa saja hanya terjebak hype. Pasalnya terkadang perusahaan smartphone malah merilis pembaruan hanya dalam hitungan bulan saja. Nah, contohnya OnePlus 5T yang membawa perubahan minor dirilis hanya selang 6 bulan dari OnePlus 5. Soal harga, OnePlus 5T tidak dibanderol terlalu jauh dari pendahulunya. Rugi kan?

5. Beli dengan Pertimbangan Matang
Kamu sebenarnya tetap bisa kok memboyong smartphone saat pertama dirilis, asal tidak bermasalah dengan alasan-alasan di atas. Yang terpenting kamu membeli dengan pertimbangan matang dan tahu akan resikonya.Kalau Jaka sarankan, belilah smartphone yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan yang kamu ya. Daripada mengikuti hype, lebih baik pilihlah smartphone dengan bijak supaya kamu nggak menyesal di kemudian hari.

Nah itulah alasan kenapa jangan beli smartphone saat pertama rilis. Selain terjebak akan hype, sebenarnya smartphone yang diincar melebihi kebutuhan.

About the author

Related Posts