Tourism

6 Area Publik Jakarta yang Kumuh Ini Disulap jadi Cantik

Ibukota Jakarta semakin cantik dan indah. Hal ini terlihat dari sejumlah ruang publik yang sebelumnya tampak kusam kemudian ditata dan dipercantik melalui program revitalisasi hingga akhirnya menjadi destinasi wisata yang instagramable. Berikut ini enam area publik Jakarta yang berubah menjadi cantik usai ditata.

 

1. Pelabuhan Sunda Kelapa
Dahulu pelabuhan Sunda Kelapa merupakan area publik di Jakarta yang mirisnya tidak penah ada yang peduli atau dicuekin. Namun ketika pelabuhan ini mulai mengalami penataan seperti renovasi gudang-gudang dan galangan kapal zaman VOC hingga kapal-kapal kuno serta modern yang terparkir rapih membuat pelabuhan Sunda Kelapa menjadi destinasi instagramable yang diburu para fotografer.

 

 

2. Istora Senayan
Kawasan Istora Senayan Jakarta juga makin cantik ketika mengalami penataan, apalagi saat kawasan ini menjamu atlet-atlet profesional dari seluruh negara Asia yang akan berlaga dalam Asian Games 2018. Mulai dari desain-desain stadion olahraga yang ciamik hingga taman kota yang indah membuat warga ibukota bakal lebih rajin berolahraga di kawasan ini.

 

3. Kalijodo
Dulu nama Kalijodo sering dikaitkan masyarakat dengan zona rawan, namun sekarang usai mengalami penataan dan pengelolaan kawasan tersebut justru memilik wajah yang berbanding terbalik dari sebelumnya. Kawasan Kalijodo saat ini justru diburu oleh muda-mudi Jakarta yang ingin selfie karena pemandangannya yang instagramable serta dianggap sebagai kawasan ramah anak lantaran Kalijodo saat ini merupakan ruang publik yang memiliki aneka fasilitas bermain bagi buah hati.

 

4. Danau Sunter
Kawasan publik lainnya yang mengalami perubahan menjadi cantik dan indah adalah Danau Sunter. Kawasan publik ini semakin cantik setelah dilengkapi trotoar, bangku santai dan pembersihan dari sampah-sampah. Danau ini menjadi buruan warga yang ingin berselfie ria, terutama ketika malam tiba lantaran pemandangan Danau Sunter yang indah bertaburkan warna-warni lampu di sekitarnya.

 

5. Kali Besar Kota Tua
Area publik Kota Tua sejak dulu telah menjadi destinasi wisata menarik, namun sekarang kawasan tersebut makin cantik dengan adanya perubahan pada Kali Besar yang dilengkapi dengan anjungan dermaga dan taman-taman seperti yang terdapat di jalan-jalan tua kota-kota besar Eropa.

 

6. Lapangan Banteng
Di salah satu sudut Lapangan Banteng terdapat sebuah lapangan sepakbola yang dilengkapi dengan trek atletik. Area Lapangan Banteng terbilang cukup luas untuk dijadikan arena berlari.Arena bermain anak yang berada di sudut lain Lapangan Banteng juga menjadi salah satu titik favorit. Belasan anak bermain ayunan dan perosotan yang disediakan di sana. Selain itu, Lapangan Banteng akan menyuguhkan pertunjunkan musik kebangsaan yang diiringin tarian air mancur dan permainan lampu warna warni nantinya hanya akan diputar saat akhir pekan saja

About the author

Related Posts