Food

5 Kuliner Betawi yang Wajib Dicoba Atlet Asian Games

Jakarta memiliki tempat paling asyik untuk berburu kuliner. Di tempat ini kamu bisa menemukan semua jenis makanan dari Indonesia, Jepang, Tiongkok, hingga makanan khas Eropa dan Timur Tengah. Namun belum ke Jakarta namanya jika kamu belum menikmati kuliner Betawi yang sangat autentik.

Nih dia, lima tempat yang bisa kamu gunakan untuk referensi berburu kuliner khas Betawi yang menggoyang lidah. Catat tempat- tempatnya ya.

1. Kerak Telor
Kerak Telor adalah camilan khas Betawi yang saat ini sudah mulai banyak berkurang pembuatnya. Jika kamu ke Jakarta, sempatkan berburu kuliner unik ini di sekitaran Monas dan Kota Tua. Biasanya akan banyak pedagang kerak telor yang menggunakan pakaian khas Betawi. Jika di tempat ini kamu tetap kesulitan mencari penjual kerak telor, coba datang ke festival jajanan lokal. Biasanya pedagang kerak telor akan memenuhi acara itu untuk mengais rezeki. Kerak telor memiliki rasa gurih dan nikmat, hingga satu porsi akan membuatmu selalu merasa kurang.

2. Bir Pletok
Bir pletok bukanlah minuman beralkohol yang banyak beredar di pasaran. Minuman khas Betawi ini justru sangat menyehatkan dan tidak membuat para penikmatnya jadi mabuk. Minuman bir pletok saat ini memang susah sekali didapatkan. Namun jika kamu jeli, minuman yang terbuat dari rempah-rempah ini masih ada di beberapa toko oleh-oleh atau kampung Betawi. Bir pletok banyak diproduksi di daerah Setu Babakan dan beberapa daerah di sekitarnya. Minuman ini memiliki warna merah karena dibuat menggunakan kayu secang. Mirip dengan wedhang uwuh yang ada di Imogiri, Yogyakarta.

Baca Juga : Riwayat Jl Jaksa, Titik 0 Backpaker Bule di Jakarta

3. Laksa Betawi
Laksa Betawi adalah salah satu makanan khas Betawi yang merupakan perpaduan mi dengan kuah remah yang kental. Makanan ini adalah akulturasi antara makanan Betawi dan juga makanan peranakan Tionghoa. Laksa Betawi dikenal dengan rasanya yang nikmat dan akan membuatmu ketagihan untuk terus memakannya hingga habis. Di Jakarta, laksa Betawi banyak sekali ditemukan di daerah Kemang. Kamu bisa menemukan kedai-kedai kecil hingga restoran yang menyajikan laksa Betawi dengan berbagai variasi bentuk dan rasa.

4. Soto Betawi
Soto Betawi beda sekali dengan soto yang banyak terdapat di daerah Jawa Timur. Soto Betawi biasanya lebih bening, segar, dan tak terlalu banyak menggunakan santan. Soto Betawi juga banyak menggunakan daging dan jeroan sapi ketimbang daging ayam. Oh ya, soto Betawi ada hampir si setiap jalan di Jakarta. Lebih baik kamu menyantap makanan khas ini daripada nongkrong di restoran cepat.

5. Semur Jengkol
Barangkali semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang tak terbantahkan lagi. Makanan ini adalah salah satu makanan khas Jakarta dan jarang ditemukan di daerah lain. Jika kamu ke Jakarta, jangan sungkan atau takut memakan kuliner yang paling nikmat ini. Rasanya pedas, empuk, dan nikmat jika dipadukan dengan nasi putih panas. Di Jakarta, kamu bisa menemukan semur jengkol di usaha rumahan atau toko oleh-oleh khas Jakarta. Oh ya, di era modern seperti ini kamu juga bisa membelinya secara online.

Itulah lima tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berburu kuliner khas Jakarta. Secara garis besar kamu bisa mendapatkan makanan khas Betawi ini di festival kuliner, landmark kota, dan perkampungan tradisional. Jadi, sudah siap untuk berburu kuliner khas Betawi? Selamat mencoba.

About the author

Related Posts