Kuliner Khas Bali
Food

5 Kuliner Khas Bali Yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Bali – Bali merupakan satu pulau terkenal di dunia yang berada di Indonesia, biasa turis asing lebih familiar dengan Bali dibanding Jakarta yang merupakan ibu kota Indonesia. Hal ini tentunya di dukung dengan berbagai obyek wisata yang ditawarkan oleh Bali, baik wisata alam atau pun wisata kulinernya.

Dalam kesempatan kali ini anda akan diperkenalkan pada kuliner khas Bali yang wajib untuk anda cicipi jika datang ke Bali.

1. Blayag Raja

Makanan khas Bali yang pertama adalah Bayag. Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas Bali tepatnya di Buleleng. Memang kuliner ini kini agak sulit ditemui.

Kuliner ini menjadi agak langka karena ‘kalah’ dengan persaingan kuliner lainnya, apalagi kuliner western.

Padahal rasa Blayag sangat enak. Nasi Blayag yang terbuat dari ketupat menambah sensasi lezatnya makan.

Akan lebih nikmat lagi saat menikmati Blayag ditambah dengan kacang komak. Kini, Blayag mulai kembali dijajakkan terutama untuk wisatawan yang liburan kesini. Blayag raja memiliki komposisi berupa sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu khusus yang sangat lezat.

2. Rujak Bulung Khas Bali

Satu lagi makanan khas Bali berupa rujak, yaitu rujak Bulung. Rujak ini sangat anti mainstream, berbeda dari ruajk-rujak lainnya karena terbuat dari rumput laut.

Wah, rujak kok dari rumput laut ya? Bulung sendiri berarti rumput laut. Ruaj kini snagat diminati karena mengandung banyak serta yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain kaya akan serat, rumput laut juga dapat membantu mendetoks tubuh dengan kandungan klorofilnya yang tinggi. Untuk membuat makanan tradisional ini, kita membutuhkan yang namanya Bulung Boni. Boni adalah jenis rumput laut yang biasa digunakan untuk membuat menu rujak unik ini.

Agar rasanya jadi lebih nikmat, rujak ini ditambah parutan kelapa yang sudah dibakar terlebih dulu. Lalu diberi parutan lengkuas dan bumbu yang sudah diulek.

3. Jukut Ares Khas Bali

Jukut ares merupakan kuliner khas Bali yang sangat unik, karena berbahan dasar pohon pisang yang masih muda yang kira-kira besarnya selengan orang dewasa yang diiris-iris tipis.

Untuk membuat makanan khas Bali ini, bumbunya menggunakan bumbu lengkap Bali alias Base Gede, sedangkan untuk daging campurannya bisa menggunakan berbagai macam daging.

Bisa daging ayam, mentok (paling enak), bisa juga menggunakan daging Babi.

Maka dari itu, bagi umat islam, anda sebaiknya bertanya kepada penjual terlebih dahulu, kira-kira dagingnya daging apa.

Rasa jukut ares yang khas membuat panganan sederhana ini cukup diminati.

4. Bubur Mengguh Khas Bali

Satu lagi makanan khas Bali berupa bubur yang layak anda coba, yatiu bubur mengguh. Bubur ini berasal dari daerah Bali utara (Buleleng) yang sering disajikan saat upacara adat.

Bubur mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui lalu disiram kuah ayam kental dan urap sayur yang disajikan terpisah.

Citarasanya sangat komplit, perpaduan gurih dan agak pedas dengan renyahnya sayur urap.

Kuliner yang satu ini menjadi pangan wajib tidak boleh dilewatkan saat liburan ke Buleleng.

Tidak lengkap rasanya kalau ke Bululeng tanpa mencoa bubur Mengguh yang nikmat.

5. Tum Ayam Khas Bali

Satu lagi makanan khas Bali yang berbahan dasar ayam, tum ayam. Kuliner yang satu ini mirip dengan kuliner orang jawa, pepes.

Cara membuatnya juga sama seperti pepes. Pertama, bahan-bahan dicincang, termasuk ayamnya, kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang, dan selanjutnya dikukus hingga matang.

Sangat mirip sekali dengen pepes bukan? Anda juga bisa mencobanya di rumah.

Namun yang spesial adalah bumbu dari Tum Ayam yang terdiri campuran santan dengan berbagai rempah-rempah seperti bawang, lengkuas, jahe, kencur dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi aneka kuliner khas Bali yang menarik lain dan wajib anda coba. Tapi inilah kira-kira kuliner yang paling menarik menurut kami untuk anda coba.

 

Recommended Article :

  1. 5 Makanan Khas Lombok Yang Harus Dicoba Traveller
  2. Mengintip Keindahan Pulau Sarwana
  3. Keindahan Wisata Belitung Yang Memikat
  4. Lebih Mengenal Budaya Sumatera Selatan

About the author

Related Posts