Gym
Health

5 Hal yang Perlu Diketahui Seorang Pemula Saat di Gym

Gym biasanya menjadi tempat bagi orang-orang yang ingin melatih dan membentuk tubuhnya agar ideal dan bugar. Namun bagi Anda yang mungkin belum pernah menginjakkan kaki ataupun berolahgara disana, seringkali tempat tersebut menjadi super menakutkan.

Tidak hanya alat-alatnya saja yang terlihat asing bagi pemula seperti Anda, tetapi ada juga beberapa hal yang mungkin perlu diketahui ketika berada disana.

Jika Anda baru pertama kali mencoba treadmill atau berolahraga di gym, berikut ini adalah lima hal yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Awesomenesstv:

  1. Gunakan ruang loker

Kebanyakan tempat gym memiliki ruang loker, sehingga sangat bagus jika Anda membawa gembok untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda di dalam loker agar aman. Namun jika tidak, bawalah barang-barang penting milik Anda, seperti botol minum, dompet, dan ponsel saat berolahraga.

  1. Tidak bermain smartphone

Anda ke gym untuk berolahraga dan berkeringat, bukan untuk bermain smartphone. Karena jika Anda lebih banyak bermain smartphone saat nge-gym, maka tentunya Anda pun jadi tidak maksimal dalam berolahraga. Lebih baik, coba anggap bahwa sesi olahraga tersebut sebagai waktu untuk sejenak memutuskan hubungan dengan dunia luar, dan saatnya untuk terhubung dengan tubuh Anda. Namun jika membutuhkan musik selama berolahraga, ubah Hp Anda ke mode Airplane dan dengarkan lagu favorit Anda tanpa perlu terganggu dengan ‘dunia luar’.

  1. Bersihkan peralatan yang akan dipakai

Alat-alat olahraga di tempat gym biasanya penuh dengan bakteri dan keringat orang lain. Itu sebabnya ada beberapa peralatan olahraga yang perlu dibersihkan setiap kali Anda akan menggunakan atau sesudah memakainya, seperti misalnya treadmill atau leg press. Dan ingat, selalu cuci tangan Anda sesudah berolahraga.

  1. Tidak ada orang lain yang menonton Anda

Terkadang saat pergi ke tempat gym yang penuh dengan orang-orang dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, mungkin tiba-tiba Anda pernah merasa bahwa setiap orang disana sedang mengawasi Anda, yang akhirnya hal ini membuat diri jadi canggung dan gugup. Namun tahukah Anda? sebenarnya, tidak ada orang yang benar-benar menonton Anda saat di gym. Karena mereka semua biasanya fokus pada latihan yang sedang mereka lakukan, sehingga Anda juga harus fokus pada latihan Anda .

Jadi jika nanti Anda pertama kali pergi ke gym, cuek saja  dan pakai semua alat olahraga yang ingin Anda pakai disana, serta fokuslah pada latihan yang sedang Anda lakukan.

  1. Minta bantuan

Jika Anda bingung menggunakan peralatan olahraga yang terlihat asing, coba tanyakan hal ini dan minta bantuan ke pelatih gym disana. Mereka biasanya akan senang untuk menunjukkan bagaimana cara yang benar dalam menggunakan peralatan tersebut. Namun jika tidak, Anda juga bisa meminta tips dari seorang teman yang sudah terbiasa ke gym mengenai cara menggunakan alat-alat tersebut, dan bagaimana cara berolahraga yang baik, agar tubuh Anda bisa ikut menjadi kuat.

Ingat juga, bahwa setiap orang di gym awalnya juga seorang pemula seperti Anda sekarang ini, sehingga lambat laun pun Anda juga bisa menjadi seseorang yang pro disana. Intinya, jangan mudah menyerah dan bosan untuk bisa memiliki tubuh yang sehat serta bugar.

(Baca juga: 11 Tipe Bos Menyebalkan dan Cara Menghadapinya, Bosmu yang Mana Nih?)

About the author

Related Posts